Hindari Makanan-makanan ini Untuk Kelancaran Ibadah Puasa

- 24 Maret 2023, 16:34 WIB
ilutrasi makanan-makanan yang dihindari untuk sahur dan berbuka puasa.
ilutrasi makanan-makanan yang dihindari untuk sahur dan berbuka puasa. /freepik/ @jcomp/

 

JURNAL SOREANG - Untuk kelancaran ibadah puasa Ramadhan. Makanan-makanan yang perlu dihindari saat sahur dan berbuka puasa.

Dikutip Jurnal Soreang dari ANTARA, Dokter Spesialis gizi klinik di Rumah Sakit PELNI Dr. Eva Kurniawati, M.Gizi, Sp.GK menjelaskan "Makanan yang tinggi garam dapat membuat anda merasa sangat haus di siang hari. Makanan asin yang umum dimakan saat sahur antara lain mie instan, makanan olahan seperti keripik, makanan kaleng," kata dia melalui pesan elektroniknya kepada ANTARA, Jum'at.

Makanan tinggi garam tidak selalu berasal dari garam saja, bisa juga mengandung bahan tertentu seperti MSG, natrium alginat, natrium sitrat dan natrium nitrit.

Baca Juga: Kembali Bertambah, Korban Meninggal Akibat Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Jadi 33 Orang

Selain itu hindari juga makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans saat sahur dan berbuka puasa. Makanan yang diolah dengan cara digoreng dengan minyak dan mengandung santan yang dipanaskan berulang kali.

"Makanan ini menyebabkan waktu transit di lambung lama, potensi menimbulkan kembung, memperparah refluks asam lambung dan jumlah kalori yang sangat besar, sehingga peningkatan risiko untuk kenaikan berat badan selama Ramadhan" jelas Eva yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia.

Dokter Eva juga menambahkan, gula sederhana dan makan juga termasuk makanan yang perlu dihindari. Gula sederhana dapat membuat seseorang merasa sangat lesu setelah 1-2 jam setelah sahur. Sedangkan makanan pedas dapat mengiritasi lambung dan menyebabkan masalah pencernaan saat ibadah puasa.

Halaman:

Editor: Josa Tambunan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah