Saat Krisis Ini, UMKM Desak Kucuran Kredit Murah, Ini Tanggapan Pemerintah

- 9 September 2021, 05:18 WIB
Tangkapan layar Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) Republik Indonesia menyelenggarakan acara “Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada Alumni ITB” secara virtual pada Rabu, 8 September 2021.
Tangkapan layar Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) Republik Indonesia menyelenggarakan acara “Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada Alumni ITB” secara virtual pada Rabu, 8 September 2021. /IAITB/

JURNAL SOREANG- Krisis akibat pandemi masih mendera usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mendesak adanya kredit murah.

Hal ini sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

Benang merah masalah tersebut terungkap saat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) Republik Indonesia menyelenggarakan acara “Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada Alumni ITB” secara virtual pada Rabu, 8 September 2021.

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kepada alumni ITB, sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop Yakin jika UMKM ikuti Tren Digitalisasi, Peluang Besar

Acara ini dipimpin dan dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Perekonomian RI, Airlangga Hartarto. Turut hadir juga, Deputi I Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Iskandar Simorangkir, Ketua Umum Ikatan Alumni ITB, Gembong Primadjaya dan dengan narasumber Perwakilan Bank BRI, BNI dan Mandiri.

Airlangga Hartarto mengatakan, program KUR merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengendalikan pandemi Covid -19 sekaligus memulihkan perekonomian nasional.

“Pemerintah berupaya terus mengendalikan pandemi covid 19 sekaligus memulihkan perekonomian dengan berbagai kebijakan. Di triwulan kedua tahun 2021, ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 7,07% dan ini tertinggi sejak 16 tahun terakhir dengan konsistensi pemerintah untuk penanganan covid-19 dari hulu ke hilir, Alhamdulillah Covid-19 berhasil diturunkan per 5 September kemarin,” kata Airlangga.

Baca Juga: DPR Sahkan UU Perdagangan Elektronik ASEAN, Nevi: Ini Peluang dan Tantangan UMKM yang Makin Besar

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x