Pasar Tanah Abang: Dampak TikTok Shop dan Upaya Pemerintah untuk Mengatasi Tantangannya

- 20 September 2023, 09:49 WIB
Ilustrasi pakaian yang dijual di pasar tanah Abang, Pasar Tanah Abang: Dampak TikTok Shop dan Upaya Pemerintah untuk Mengatasi Tantangannya
Ilustrasi pakaian yang dijual di pasar tanah Abang, Pasar Tanah Abang: Dampak TikTok Shop dan Upaya Pemerintah untuk Mengatasi Tantangannya /Antara

JURNAL SOREANG - Pasar Tanah Abang, yang terletak di Jakarta, Indonesia, telah lama menjadi ikon sebagai pusat grosir busana terbesar di Asia Tenggara.

Sejak berdirinya pada tahun 1735, pasar ini telah menarik perhatian berbagai kalangan, mulai dari individu yang mencari pakaian sehari-hari hingga pedagang grosir yang menjual produk mereka ke berbagai provinsi di Indonesia.

Namun, belakangan ini, pasar ini mulai menghadapi tantangan yang signifikan akibat pesatnya perkembangan teknologi dan munculnya platform e-commerce seperti TikTok Shop.

Baca Juga: KPK Umumkan Eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan Tersangka Korupsi LNG, Langsung Ditahan

Transformasi TikTok dari Media Sosial ke E-Commerce

TikTok, awalnya adalah platform asal China yang dikenal sebagai layanan berbagi video berdurasi pendek.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, fungsi TikTok telah berkembang pesat dan bergeser dari sekadar media sosial ke e-commerce.

Salah satu fitur utama yang mendorong transformasi ini adalah TikTok Shop, yang memungkinkan pengguna menjual produk mereka secara online.

TikTok Shop beroperasi serupa dengan platform e-commerce lainnya seperti Shopee dan Tokopedia.

Baca Juga: Apakah Minum Kopi Setiap Hari Baik untuk Kesehatan? Berikut Penjelasannya dari Ahlinya

Halaman:

Editor: Rustandi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x