Tak Ingin Ada Kebijakan Pembatasan Seperti Uni Eropa, Mendag: Jangan Sampai Inggris Hambat Ekspor RI

- 21 Agustus 2023, 14:07 WIB
Menteri perdagangan Zulkifli Hasan dalam acara Asean Economic Ministers -37th AFTA Council Meeting. /Instagram @zul.hassan
Menteri perdagangan Zulkifli Hasan dalam acara Asean Economic Ministers -37th AFTA Council Meeting. /Instagram @zul.hassan /

JURNAL SOREANG - Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, telah melakukan sebuah pertemuan bilateral dengan Menteri Negara untuk Perdagangan Internasional Inggris, Nigel Huddleston.

Pertemuan ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan bahwa Inggris tidak akan menerapkan kebijakan perdagangan yang menghambat ekspor produk Indonesia, mengingat pengalaman yang dialami oleh Uni Eropa (UE) akibat dari Undang-Undang Bebas Produk Deforestasi (EUDR) yang diterapkan.

“Kita membahas kebijakan lingkungan Inggris karena ada EUDR. Jangan sampai nanti kebijakan lingkungan Inggris juga hambat produk-produk pertanian kita,” kata Zulkifli Hasan.

Baca Juga: Ditengah Era Modernitas, Menteri PPPA Serukan Agar Anak-anak Berpartisipasi Dalam Kegiatan Seni Budaya

Dalam konteks ini Zulkifli Hasan mengacu pada pengalaman yang sedang dialami oleh Uni Eropa yang memberlakukan EUDR, yang mana hal tersebut dapat memberikan dampak negatif pada produk pertanian dan perdagangan Indonesia.

Selain fokus pada isu lingkungan, pertemuan bilateral ini juga berhasil mencapai kesepakatan untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan melalui peningkatan Komite Ekonomi dan Perdagangan Bersama (Joint Economic and Trade Committee/JETCO) menjadi Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

Langkah ini akan mendorong kemitraan yang lebih erat antara Indonesia dan Inggris dalam bidang perdagangan, investasi, dan kerja sama ekonomi.

Baca Juga: Semangat Generasi Muda Maknai Perjuangan Para Pahlawan untuk Mewujudkan Indonesia Maju

Halaman:

Editor: Josa Tambunan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x