Program Kerja! RAT Koperasi Kekinian RSB Ciamis, Ketua: Meningkatkan Taraf Ekonomi Masyarakat

- 31 Juli 2023, 11:59 WIB
 Anak muda anggota koperasi RSB saat menggelar RAT tahun 2023.
Anak muda anggota koperasi RSB saat menggelar RAT tahun 2023. /Kayan/Jurnal Soreang

JURNAL SOREANG - Beberapa pemuda yang tergabung dalam Ravogue Segara Biru (RSB) menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2023 di Gedung Pramuka Ciamis, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan ketua RSB, Toni Fahri bahwa RSB merupakan koperasi kekinian atau modern yang dibentuk oleh beberapa pengusaha muda asal Kabupaten Ciamis.

Ia juga menyampaikan, lembaga ini terbentuk sejak tahun 2020 di Kota Tasikmalaya. Pada mulanya berdiri dalam bentuk Perseroan Terbatas (PT) yang bergerak di bidang penyewaan kendaraan roda empat.

Baca Juga: Review J-Steak, Warung Steak Milik Uya Kuya Yang Sudah Tutup, Cocok Buat Ide Bisnis

"Sampai saat ini, stigma di masyarakat luas bahwa lembaga ini dianggap sebagai koperasi simpan pinjam. Anggapan itu jelas kurang tepat," ucap Toni, Senin 31 Juli 2023.

Lembaga ini, kata Dia, memiliki persamaan dengan sistem sosial asli bangsa Indonesia, yaitu koletivisme. Dan koperasi juga menganut prinsip tolong menolong itu.

Ia pun membentuk RSB menjadi lembaga yang bergerak di bidang jasa khusus, di antaranya menyediakan keperluan bagi pengusaha rental yang tergabung di RSB, terutama di bidang sparepart.

"Saya punya harapan, agar pemerataan dan pemulihan ekonomi dapat terwujud dengan layak di Kabupaten Ciamis, Sehingga, beberapa UMKM dapat menjadi rekan bisnis serta bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat pada umumnya," papar Toni.

Baca Juga: Innalilahi! Kembali Terjadi, Kecelakaan Kereta Api dengan Mobil di Jombang, Enam Orang Meninggal Dunia

Ia mengatakan, RSB menginisiasi beberapa kegiatan usaha di lingkungan rental kendaraan, jual beli sparepart, pencucian mobil, agen travel, service bengkel, dan lain-lain.

Halaman:

Editor: Rustandi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x