Bahan Bakar Fosil Banyak Polusi! Indonesia Berjanji Untuk Beralih Ke Energi Bersih, Tapi Ini Tantangannya

- 17 Februari 2023, 20:23 WIB
Bahan Bakar Fosil Banyak Polusi! Indonesia Berjanji Untuk Beralih Ke Energi Bersih, Tetapi Ini  Tantangan dan Hambatannya
Bahan Bakar Fosil Banyak Polusi! Indonesia Berjanji Untuk Beralih Ke Energi Bersih, Tetapi Ini Tantangan dan Hambatannya /

JURNAL SOREANG-Di wilayah Indonesia di Kalimantan Timur, ketergantungan negara terhadap batu bara terlihat jelas.

Berkendara di jalan tol di kawasan itu, orang yang lewat dapat menyaksikan ekskavator menggali batu bara dari lubang dangkal saat truk berisi bebatuan kaya karbon melintas.

Di bawah jembatan di Samarinda, ibu kota wilayah tersebut, ratusan batu bara raksasa berwarna hitam legam duduk di tongkang yang ditarik di sepanjang jalur air, menuju pabrik di seluruh Indonesia atau negara lain.

Baca Juga: Subsidi BBM Harus Tepat Sasaran, Diah Nurwitasari: Sinergitas, Kebijakan Pemerintah Jangan Merepotkan Rakyat

Itu adalah pandangan bahwa Indonesia telah berjanji untuk menghentikannya secara bertahap atau setidaknya secara drastis mengurangi dengan menyetujui beberapa skema dengan pemangku kepentingan internasional, termasuk kesepakatan Just Energy Transition Partnership (JETP) senilai US$20 miliar yang ditandatangani.

Sementara kesepakatan tersebut bertujuan untuk mengubah salah satu negara penghasil batu bara terbesar menuju sumber energinya yang lebih hijau, para ahli memperingatkan bahwa keuangan, kebijakan, infrastruktur, dan tantangan lainnya perlu diatasi.

Transisi energi Indonesia "sangat unik" karena pertumbuhan ekonomi yang tinggi, geografi, pusat populasi, dan potensi energi bersih, kata David Elzinga, spesialis energi utama di Bank Pembangunan Asia.

Baca Juga: KPM Bansos di Ciwidey, Kabupaten Bandung Mempertanyakan Kejelasan Proses Penyaluran Baksos BBM dan BPNT

Meskipun potensi energi Indonesia dari matahari, tenaga air, panas bumi, angin dan sumber lainnya, hanya sekitar 12 persen dari mereka yang dimanfaatkan, menurut Badan Energi Terbarukan Internasional.

Hampir semua permintaan energi dipenuhi oleh bahan bakar fosil, dengan 60 persen berasal dari batu bara yang sangat berpolusi.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: CNA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x