Harga Beras di Pasaran Melonjak, Berikut Perintah Presiden Jokowi kepada Jajarannya

- 2 Februari 2023, 12:01 WIB
Ilustrasi beras. Harga beras dalam sebulan ini terus naik
Ilustrasi beras. Harga beras dalam sebulan ini terus naik /pixabay/

JURNAL SOREANG- Dalam sebulan terakhir ini, harga beras mengalami lonjakan di pasarab. Untuk itu, Presiden Joko Widodo menginstruksikan jajarannya untuk melakukan stabilisasi harga beras yang saat ini mengalami kenaikan.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan bahwa Perum Bulog didorong untuk segera mempercepat pendistribusian beras dengan stok yang tersedia melalui operasi pasar guna menstabilkan harga komoditas tersebut.

"Mudah mudahan Ka Bulog dan kita semua akan membanjiri dengan stok yang ada. Dengan demikian mudah-mudahan dalam waktu dekat ini harga sudah bisa kembali turun," ucap Zulkifli dalam keterangannya usai mengikuti rapat yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 31 Januari 2023.

Baca Juga: Ingin Kecilkan Perut Buncit Tapi Susah Ninggalin Nasi? Coba 5 Jenis Beras Terbaik Menghilangkan Lemak Visceral

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan, stok cadangan beras pemerintah (CBP) sebanyak 315 ribu ton sudah siap didistribusikan untuk operasi pasar hingga bulan Maret.

"Pak Presiden perintahkan langsung kepada kami bertiga untuk stabilisasi harga beras, kemudian stok Bulog hari ini ada sekitar 300 ribu ton ini harap segera disalurkan. Kemudian Pasar Induk Cipinang yang hari ini 13 ribu ton harus di-_top up_ sampai 30 ribu ton," tutur Arief.

Selanjutnya, Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, menuturkan bahwa stok CBP tersebut berasal dari penyerapan dalam negeri maupun beras impor premium.

Baca Juga: Tips Diet dan Kecilkan Perut Buncit dengan Sehat, Gunakan Beras Merah, Berikut ini 10 Manfaat pada Tubuh Anda

Budi menekankan bahwa beras impor premium yang didistribusikan dijual seharga Rp8.300 per kilogram.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x