PKW Tekun Tenun Bersama Dekranas Hasilkan Usahawan Muda Pelestari Budaya Sekaligus Kurangi Pengangguran

- 25 Mei 2024, 06:05 WIB
Salah satu program prioritas Kemendikbudristek di bidang pendidikan vokasi adalah Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun dan Kriya.
Salah satu program prioritas Kemendikbudristek di bidang pendidikan vokasi adalah Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun dan Kriya. /Kemendikbudristek /

JURNAL SOREANG-- Salah satu program prioritas Kemendikbudristek di bidang pendidikan vokasi adalah Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun dan Kriya.

Program PKW Tekun Tenun dan Kriya merupakan program kolaborasi antara Dewan Kerajianan Nasional (Dekranas) dengan Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi yang telah berjalan sejak 2020.

Pada peringatan HUT ke-44 Dekranas di Kota Surakarta, Kemendikbudristek berbagi praktik baik dan dampak positif dari program PKW Tekun Tenun dan Kriya dalam rangkaian acara di Pameran Dekranas melalui gelar wicara (talkshow), peragaan busana (fashion show), dan lokakarya (workshop).

 

Monika Situmorang, lulusan program PKW Tekun Tenun dan Kriya Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Samosir, Sumatra Utara tahun 2023, menceritakan kisah jatuh dan bangkitnya sebagai penenun yang berwirausaha.

Terlahir sebagai anak ke-4 dari 7 bersaudara dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi, Monika tidak bisa melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

Ia kemudian mendaftar menjadi peserta program PKW Tekun Tenun dan Kriya berdasarkan informasi dari pengurus Dekranasda di kantor desa.

“Saya ikut PKW tahun 2023 selama 32 hari. Waktu itu jumlah pesertanya 50 orang. Kami belajar menenun, lalu dapat alat dan bahan untuk dilanjutkan menenun di rumah. Setelah PKW, saya lanjutkan dengan alat tenun di rumah. Selama satu bulan menenun saya hanya dapat 1 helai kain tenun,” katanya.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Kemendikbud Ristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah