Pemerintah Bentuk Pengusaha Muda dengan Pendidikan Kecakapan Wirausaha Tekun Tenun dan Kriya

- 18 Mei 2024, 06:03 WIB
Ilustrasi tenun. Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, menghadirkan stan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun dan Kriya Indonesia pada Pameran Hari Ulang Tahun Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), di Pura Mangkunegaran, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Ilustrasi tenun. Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, menghadirkan stan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun dan Kriya Indonesia pada Pameran Hari Ulang Tahun Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), di Pura Mangkunegaran, Kota Surakarta, Jawa Tengah /

JURNAL SOREANG - Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, menghadirkan stan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun dan Kriya Indonesia pada Pameran Hari Ulang Tahun Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), di Pura Mangkunegaran, Kota Surakarta, Jawa Tengah, pada 15 Mei 2024.

Berkolaborasi dengan Dekranas, PKW Tekun Tenun dan Kriya merupakan salah satu program prioritas pemerintah melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek, yang bertujuan untuk menyiapkan para usahawan muda melalui pembekalan keahlian kerajinan tangan dan kekayaan budaya daerah mereka.

 

Dijalankan sejak tahun 2020, program ini memberikan pengetahuan, keterampilan, dan modal usaha bagi anak-anak Indonesia sebagai bekal berwirausaha di bidang kerajinan tangan tenun dan kriya.

Dengan semangat Merdeka Belajar, PKW Tekun Tenun dan Kriya dapat mewujudkan pendidikan vokasi yang menyenangkan bagi para peserta didik sehingga mereka lebih suka belajar dan mengasah kompetensi mereka, serta kemudian berani untuk merintis jalan menjadi wirausaha baru.

Menyasar Anak Usia Sekolah Tidak Sekolah (ATS), PKW Tekun Tenun dan Kriya tidak hanya telah menyiapkan ribuan wirausaha muda, program PKW Tekun Tenun dan Kriya juga turun berperan dalam pelestarian warisan budaya Indonesia berupa aneka wastra khas nusantara.

Baca Juga: Hari Kedua Puncak KTT Ke-42 ASEAN, Para Pemimpin Kompak Kenakan Tenun Tradisional Ini

Di tahun kelimanya, PKW Tekun Tenun tidak hanya berkolaborasi dengan Dekranas/Dekranasda saja, tetapi juga Satuan Pendidikan SMK di bidang seni yang akan menampilkan karya-karya mereka dalam Pameran HUT Ke-44 Dekranas.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Kemendikbud Ristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah