Pemprov Jabar Gelar Workshop dan Fasilitasi Pengurusan Kekayaan Intelektual dan NIB Pelaku Industri Kreatif

- 20 Juli 2022, 16:59 WIB
Pemprov melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat (Kreasi Jabar) dalam rangka pengembangan ekonomi kreatif dan aktivasi Creative Center Jawa Barat menyelenggarakan workshop pengembangan kapasitas SDM ekonomi kreatif.
Pemprov melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat (Kreasi Jabar) dalam rangka pengembangan ekonomi kreatif dan aktivasi Creative Center Jawa Barat menyelenggarakan workshop pengembangan kapasitas SDM ekonomi kreatif. /Istimewa /

JURNAL SOREANG- Pemprov melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat (Kreasi Jabar) dalam rangka pengembangan ekonomi kreatif dan aktivasi Creative Center Jawa Barat menyelenggarakan workshop pengembangan kapasitas SDM ekonomi kreatif.

Workshop tersebut ditujukan bagi para pelaku industri kreatif di Jawa Barat. Kegiatan bertema "Pengembangan Ekosistem Digital Usaha Kreatif Jawa Barat" ini diselenggarakan di Gedung Creative Center Kota Bogor, Selasa 12 Juli 2022.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar diwakili Kepala Bidang Industri Pariwisata, Rispiaga menyampaikan bahwa saat ini digitalisasi menjadi hal penting dalam perkembangan industri kreatif.

Baca Juga: Daftar Rekomendasi Menu Masakan Daging Sapi yang Cocok Berdasarkan Potongannya, Momen Idul Adha Makin Kreatif

Berkat digitalisasi, proses operasional menjadi lebih efektif dan dapat mencakup pasar yang lebih luas.

"Adanya digitalisasi memberikan banyak manfaat untuk pelaku ekonomi kreatif. Salah satu contohnya menyederhanakan proses operasional menjadi lebih efektif, mempermudah perizinan, legalitas, pengelolaan keuangan, dan punya potensi besar meningkatkan omset melalui digital marketing," ucap Rispiaga.

Workshop yang diinisiasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar ini dihadiri oleh 150 orang peserta yang berasal dari Bogor, Depok, Cianjur, serta Sukabumi. Para pelaku industri kreatif didorong untuk lebih kreatif serta inovatif. Hal itu merupakan syarat penting agar para pelaku bisnis bisa bersaing secara kompetitif dalam ekosistem digital.

Baca Juga: Tagihan Listrik Naik? Berikut 10 Cara Menghemat Tagihan Listrik Secara Legal dan Kreatif

"Ketika memasuki ekosistem digital, salah satu modal yang harus dimiliki adalah kreativitas. Pelaku ekraf juga harus selalu memperbaharui ide agar menarik perhatian konsumen atau audiens. Transformasi digital dapat menyederhanakan proses menjadi lebih efektif. Selain itu juga bermanfaat membuat UMKM menjadi lebih berkembang," kata Rispiaga.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x