Pembahasan RAPBN 2023, Pemerintah.Harus Buat Terobosan Majukan Sektor UMKM dan Ultra Mikro

- 21 Juni 2022, 06:15 WIB
Ilustrasi UMKM yang harus diperhatikan pemerintah
Ilustrasi UMKM yang harus diperhatikan pemerintah /Jurnal Soreang/Sok.UMKM Harra Snack

JURNAL SOREANG- Pada rapat Panja Asumsi Dasar, Kebijakan Fiskal, Pendapatan, Defisit, dan Pembiayaan RAPBN TA 2023, Anggota Badan Anggaran DPR RI, Nevi Zuairina, meminta kepada pemerintah untuk membuat terobosan penting sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Ultra Mikro agar semakin masif menggerakkan ekonomi kerakyatan.

Pasalnya menurutnya, Sektor ini selama ini masih berupa jargon yang menunjukkan keberpihakan pemerintah pada ekonomi menengah ke bawah.

"Namun kenyataan di lapangan proporsi UMKM dan ultra mikro yang tersentuh bantuan pemerintah masih kecil.Kita semua mengetahui konflik yang melanda negara Eropa sangat mempengaruhi komoditas impor yang merupakan bagian dari bahan baku produksi," kata Nevi, Senin 20 Juni 2022.

Baca Juga: Kampus Punya Peran Besar Kembangkan UMKM, Ini yang Dilakukan Prodi Administrasi Bisnis Fisip Unpas

Pengusaha kita dalam negeri, kata Nevi,  sangat tergantung bahan impor sebagai bahan baku produksi yang mengakibatkan biaya produksi mahal dan ujungnya produk yang dihasilkan tidak dapat bersaing. 

"Pemerintah sudah mengakui terkait industri manufaktur menjadi penyumbang terbesar penerimaan pajak," katanya.

Untuk itu, kesadaran ini mesti dapat ditindaklanjuti pada penguatan sektor UMKM yang juga persoalan ketersediaan pasarnya sehingga masyarakat dalam negeri semakin besar dalam konsumsi produk UMKM.

Baca Juga: Ditolak, Rencana Pencabutan Subsidi Minyak Goreng, Bunda UMKM: Distribusi Minyak Goreng Harus Libatkan Bulog

Nevi mengatakan, pemerintah telah menetapkan alokasi pembelian produk UMKM dari belanja pemerintah pusat mencapai 40 persen.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x