Potensi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Perikanan Sangat Besar, Cuma Terhambat Illegal Fishing yang Marak

- 23 Januari 2022, 07:52 WIB
Ilustrasi nelayan. Potensi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Perikanan Sangat Besar, Cuma Terhambat Illegal Fishing yang Marak
Ilustrasi nelayan. Potensi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Perikanan Sangat Besar, Cuma Terhambat Illegal Fishing yang Marak /KKP/

JURNAL SOREANG- Penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sektor perikanan dapat lebih dioptimalkan untuk program mengembangkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat perikanan terutama masyarakat sekitar pantai.

"Negara mesti optimal juga dalam memanfaatkan sumber daya ikan sebagai bagian dari sumber daya alam terutama perikanan tangkap maupun perikanan budidaya," kata Wakil rakyat asal Sulawesi Selatan II, Andi Akmal Pasluddin, Sabtu 22 Januari 2022.

Saat ini, industri kelautan termasuk perikanan tangkap sangat besar kontribusinya pada PNBP.

Baca Juga: Pungutan Bukan Pajak Kementerian Kelautan dan Perikanan Memberatkan Nelayan, Slamet: Harus Dikaji Ulang

"Namun demikian, hingga saat ini belum optimal dan masih banyak juga pelaku praktik ilegal atau kerap disebut illegal fishing yang ujungnya sangat merugikan negara,"  tutur Akmal.

Langkah pemerintah untuk mengevaluasi sistem kontrak penangkapan berjangka 15 tahun untuk industri perikanan dalam negeri sudah tepat.

Karena potensi praktek penangkapan ikan ilegal (illegal fishing) sangat besar peluangnya apalagi bila di topang dengan penanaman modal asing.

Baca Juga: Logo Baru Kementerian Kelautan dan Perikanan Dikritik Netizen: Nyolong Ya?

Salah satu bentuknya memang berupa tidak ada pelaporan, bergerak tanpa aturan hingga mencari-cari celah untuk melanggar.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x