Inilah Penyebab Hilangnya 'market bifurcation' di Indonesia, Berikut Penjelasannya

- 28 Desember 2021, 06:14 WIB
Foto: gadget, barang yang sering dibeli kelas menengah di Indonesia/ youtube Dr. Indrawan Nugroho Strategi Menghadapi Hilangnya Pasar Kelas Menengah
Foto: gadget, barang yang sering dibeli kelas menengah di Indonesia/ youtube Dr. Indrawan Nugroho Strategi Menghadapi Hilangnya Pasar Kelas Menengah /

JURNAL SOREANG - Tahukah anda bahwa saat ini pasar kelas menengah mulai menghilang. Trend ini disebut dengan market bifurcation.

Kejadian ini menjelaskan tentang pasar yang terbelah menjadi dua yaitu pasar kelas bawah dan pasar kelas atas sementara pasar kelas menengah semakin mengecil.

Jika perusahaan anda saat ini menyasar segmen kelas menengah mungkin anda sudah merasakan sendiri betapa sulit persaingan untuk memenangkan pelanggan di pasar tersebut.

Hasil survei pada tahun 2018 terhadap lebih dari 2000 responden di Amerika Serikat menemukan bahwa para retailer yang menjual produknya dengan harga nanggung.

Baca Juga: Penyebab Hilangnya Pasar Kelas Menengah di Indonesia dan Cara Mengatasi Menurut Pengusaha

Para retailer ini memberikan nilai melalui kombinasi harga dan promosi.

Retailer ini umumnya berkinerja lebih buruk daripada mereka yang menjual dengan harga serendah mungkin,

atau mereka yang memberikan nilai melalui penawaran produk atau pengalaman unggulan yang unik dengan harga premium dalam lima tahun.

Pendapatan para retailer premium melonjak 81 persen sementara pendapatan para retailer berbasis harga tingkat 37 persen selama priode yang sama.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: YouTube Indrawan Nugroho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x