Alhamdulillah Nilai Tukar Petani Naik Saat Pandemi Meski Hanya Naik 0,19 Persen

- 5 Juli 2021, 06:40 WIB
Petani bersama Tim Dinas Pertanian Purwakarta lakukan Gropyokan Massal Basmi Hama Tikus. BPS mencatat kenaikan kesejahteraan petani saat pandemi
Petani bersama Tim Dinas Pertanian Purwakarta lakukan Gropyokan Massal Basmi Hama Tikus. BPS mencatat kenaikan kesejahteraan petani saat pandemi /Karawangpost/Fuljo/

JURNAL SOREANG-  Di sela-sela kegiatan di daerah pemilihannya, Legislator asal Sulawesi Selatan II, Andi Akmal Pasluddin menyambut baik data terbaru keluaran Badan Pusat Statistik (BPS).

Saalh satunya BPS memaparkan adanya peningkatan kesejahteraan petani yang ditunjukkan dengan naiknya Nilai Tukar Petani (NTP) sebesar 0,19 persen di bulan Juni 2021.

"Publikasi BPS ini tentu sangat menggembirakan ya, dimana NTP Juni di angka 103,59 dari sebelumnya ebelumnya di angka 103,39," kata Andi Akmal daalm pernyataannya, Senin, 5 Juli 2021.

Meski kenaikan NTP belum merata di seluruh Indonesia, tapi secara nasional memang naik.

Baca Juga: PLN Siap Jalankan Keputusan Pemerintah Berikan Stimulus Listrik Periode Juli-September 2021

"Tapi ini bukan kondisi terbaik mengingat ancaman pandemi masih sangat mengerikan sehingga perlu ada upaya lebih keras seminimalnya kenaikan konstan tidak turun dan lebih baik lagi peningkatan di perbesar lagi," tutur Akmal.

Akmal menguraikan, kenaikan NTP Juni 2021 ada dorongan yang cukup signifikan pada kenaikan pada indeks harga hasil produksi pertanian, setelah melalui pemantauan harga-harga di pedesaan pada 34 provinsi di Indonesia.

Ia berharap ada validasi yang ketat sehingga tidak ada yang meleset antara data kenyataan di lapangan dengan yang sampai di tulis menjadi bahan publikasi.

Baca Juga: Disambut Upacara Adat, Andi Akmal Selenggarakan Bimtek Untuk Petani Sekaligus Serahkan Benih Padi

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x