Sektor Perikanan Bisa Jadi Tulang Punggung Perekonomian Nasional, DPR: Jumlah Ekspor Besar, tapi Nilai Kecil

- 27 Juni 2021, 06:04 WIB
Anggota Komisi IV DPR, drh. Slamet, yang meyakini perikanan bisa jadi tulang punggung ekonomi nasional.
Anggota Komisi IV DPR, drh. Slamet, yang meyakini perikanan bisa jadi tulang punggung ekonomi nasional. /FPKS/

JURNAL SOREANG-  Legislator PKS drh. Slamet menyatakan sektor perikanan jika dikelola dengan optimal dapat menjadi tulang punggung perekonomian nasional. 

"Optimisme ini berkaca pada data kenaikan ekspor komoditas perikanan pada kuartal I tahun 2021 sebesar 1,75 M USD atau Rp25 Triliun," kata Slamet dalam pernyataannya, Sabtu, 26 Juni 2021.

Nilai ekspor perikanan terus tumbuh meskipun saat ini sedang dalam masa pandemi. "Konisi ini tentu saja  menjadi sinyal bagus terkait pengembangan sektor perikanan ke depannya," ujarnya.

Baca Juga: Anggota DPR Pertanyakan China Kembalikan Produk Perikanan Indonesia yang Terindikasi Terpapar Virus Covid-19

Menurut politisi senior PKS ini, komoditas udang masih menjadi tumpuan utama ekspor Indonesia disusul komoditas tuna-cakalang-tongkol (TCT), cumi-cumi-sotong-gurita, kepiting dan Rumput laut.

Namun drh. Slamet mencatat jika menganalisis data ekspor produk perikanan masih terdapat sebuah ironi karena secara volume produk perikanan Indonesia hanya kalah dari China.

"Tetapi dari segi nilai ekspor nilainya jauh lebih rendah dari negara-negara yang nota bene punya volume ekspor yang lebih sedikit," katanya.

Baca Juga: Gerilya Kunjungi PPKM Mikro, Kapolri Minta Perkuat Tracing Testing dan Tes PCR Dipercepat Satu Hari

Penyebabnya, kata Slamet, bisa saja kebijakan yang sedikit keliru dimana KKP menganggarkan pengelolaan perikanan tangkap dan budidaya yang merupakan sektor hulu (produksi) sebesar Rp1,9 Triliun. 

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x