Perkebunan Negara Didesak untuk Tingkatkan Produktivitas dan Kesejahteraan Petani

- 7 Juni 2022, 17:23 WIB
Ilustrasi Cuaca cerah di kebun teh milik PT Perkebunan VIII Walini, Rancabali, Kabupaten Bandung.
Ilustrasi Cuaca cerah di kebun teh milik PT Perkebunan VIII Walini, Rancabali, Kabupaten Bandung. /SARNAPI/JS/

JURNAL SOREANG - Wakil Rakyat asal Sumatera Barat,  Hj. Nevi Zuairina, pada Rapat Dengar Pendapat antara komisi VI DPR RI dengan PT Perkebunan Nusantara III (persero) meminta agar rencana strategis yang telah disusun dapat segera di implementasikan di lapangan.

Rencana strategis yang ia maksud adalah, pembentukan tiga kelompok perusahaan yakni PalmCo, SugarCo dan SupportingCo.

"Kami bersepakat bahwa mendukung PTPN III Holding dan seluruh anak perusahaannya dapat meningkatkan produksi minyak goreng dan gula konsumsi untuk kebutuhan pangan nasional," kata Nevi, Senin 6 Juni 2022.

Baca Juga: Ternyata di Tengah Perkebunan Teh Pangalengan Terdapat Sekolah Alam, Ini Fungsinya

"Dengan meningkatkan produktivitas ini, secara tidak langsung akan terjadi peningkatan kesejahteraan petani dengan syarat tetap terjadi hubungan yang baik antara petani dan perusahaan negara ini", tutur Nevi.

Politisi PKS ini juga sangat mendukung upaya PTPN III untuk melakukan stabilitas harga minyak goreng dan gula konsumsi di pasaran sehingga masyarakat sebagai konsumen dapat terpenuhi kebutuhannya dengan harga terjangkau.

"Pemerintah secara perlahan mesti mengalihkan HGU yang di kelola swasta menjadi dapat dikelola oleh BUMN. PTPN harus mampu mengelola HGU itu untuk di tanam sawit sekaligus mampu membuat pabrik kelapa sawit milik pemerintah", saran Nevi.

Baca Juga: Pemerintah Harus Hadir dalam Selesaikan Konflik Agraria Sektor Perkebunan Termasuk Kelapa Sawit

Legislator asal Sumatera Barat II ini mengatakan, selama ini yang mengendalikan harga TBS (tebangan basah sawit) adalah para pabrik pabrik kelapa sawit. Bahkan kebijakan pemerintah yang menghentikan ekspor di respon dengan turunnya harga TBS yang sangat merugikan petani.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x