Bunda UMKM Sumbar: Pembangunan Infrastruktur Harus Berdampak Besar untuk Menggerakkan Ekonomi

- 19 Mei 2022, 06:19 WIB
Ilustrasi jalan tol, Bunda UMKM Sumbar: Pembangunan Infrastruktur Harus Berdampak Besar untuk Menggerakkan Ekonomi
Ilustrasi jalan tol, Bunda UMKM Sumbar: Pembangunan Infrastruktur Harus Berdampak Besar untuk Menggerakkan Ekonomi /PMJ News

JURNAL SOREANG- Bunda UMKM Sumatera Barat, Hj. Nevi Zuairina meminta kepada pemerintah pusat agar Kebijakan mengejar pembangunan infrastruktur adalah untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi.

Nevi mengatakan, pasca krisis moneter tahun 1997 dan krisis keuangan global tahun 2008 silam, Pemerintah berupaya meningkatkan anggaran untuk sektor pembangunan infrastruktur ini di semua lini baik pembangunan sarana dan prasarana jalan dan jembatan, pelabuhan laut maupun pelabuhan udara.

“Pada kasus pembangunan di Sumbar, saya berharap, agar proses integralisasi pembangunan di daerah itu tidak hanya melibatkan Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat semata, namun juga menjadi bagian dari tanggung jawab dan program dari pemerintah daerah kabupaten dan kota se Sumatera Barat”, tutur Nevi, Rabu 18 Mei 2022.

Baca Juga: Menjelang Acara KTT G20 di Bali, Presiden Jokowi Pastikan Infrastruktur Pendukung Siap untuk Digunakan

Legislator asal Sumbar II ini mengatakan, infrastruktur yang layak dan memadai, akan menunjang kelancaran proses distribusi barang dan jasa dari suatu titik ke titik lainnya dan juga yang sangat penting adalah keberadaan infrastruktur yang layak akan menjadi bagian yang sangat penting dalam upaya pelayanan kepada masyarakat.

Ia mencontohkan, Sumatera Barat, Sebagai daerah yang dilengkapi dengan sumber daya alam yang cukup karena memiliki garis pantai dan ketersediaan lahan untuk pelabuhan.

Sumatera Barat juga memiliki jaringan konektivitas ke daerah tetangga seperti Riau, Jambi, Sumatera Utara dan Bengkulu, maka Sumbar perlu mengintegrasikan diri kedalam program kerja pemerintah tersebut secara utuh dan bersungguh sungguh.

Baca Juga: Daftar Pembangunan Infrastruktur Mega Project Indonesia 2021, Ada Sirkuit Balap MotoGP Musim 2022

“Kita menyadari bahwa berbagai fasilitas fisik dan sarana penunjang adalah hal vital untuk mendukung berbagai kegiatan perekonomian, industri bahkan kegiatan sosial dan pemerintahan. Pentingnya keberadaan dan penyediaan Infrastruktur harus disadari sebagai hal mutlak untuk mengejar ketertinggalan pertumbuhan ekonomi kawasan”, ungkap Nevi Zuairina.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x