Cerdas, Inilah Strategi yang dilakukan Zara untuk Memangkas Alokasi Anggaran Dana Iklan

- 4 Januari 2022, 21:39 WIB
Foto: Runway Fashion Dunia yang menjadi salah satu cara produsen fashion untuk menarik minat pelanggan / youtube  Dr. Indrawan Nugroho Zara Disrupsi Industri dengan Inovasi Fast Fashion
Foto: Runway Fashion Dunia yang menjadi salah satu cara produsen fashion untuk menarik minat pelanggan / youtube Dr. Indrawan Nugroho Zara Disrupsi Industri dengan Inovasi Fast Fashion /

JURNAL SOREANG- Alokasi anggaran iklan Zara jauh lebih kecil dibandingkan pesaingnya. Zara lebih memilih untuk menggunakan uangnya untuk membuka tokoh-tokoh baru di tempat-tempat yang berkelas dan ramai seperti venue di kota New York atau Oxford Street London.

Zara yakin begitu orang masuk ke tokonya dia akan menemukan produk yang dia sukai dan pengalaman belanja yang menyenangkan akan membuat pelanggan mereka cerita ke teman-temannya.

Itulah kunci strategi marketingnya Zara. Tidak sedikit selebriti yang secara tidak langsung mempromosikan produk Zara bahkan termasuk high-profile individual seperti Michelle Obama.

Baca Juga: Gila! Mampu Tarik Kedatangan Pelanggan Hingga 17 Kali Dalam Setahun, Inilah Fakta Unik yang Dimiliki Zara

Zara hanya butuh dua minggu untuk memproduksi dari desain menjadi produk. Sementara retailer yang lain tuh butuh waktu sampai enam bulan lamanya.

Kita perlu ingat bahwa jumlah SKU atau Stock Keeping Unitnya Zahra jauh lebih banyak dibandingkan pesaing yaitu 30 ribu  SKU per tahun.

Sementara pesaingnya yaitu GAP hanya 2000-4000 SKU per tahun.

Zara itu tidak seperti pesaingnya yang mengoutsource seluruh proses produksi ke ratusan perusahaan kontraktor. H&M itu punya 900 kontraktor.

Baca Juga: Berani Melawan Arus, Inilah Streategi yang digunakan Zara Untuk Memenangkan Persaingan di Industri Fashion

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: YouTube Indrawan Nugroho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x