Program Kecakapan Wirausaha Tekun Tenun NTT Dorong Geliat Komoditi Tenun

- 24 Oktober 2021, 12:37 WIB
Program Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun Nusa Tenggara Timur (NTT) resmi diluncurkan di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), baru-baru ini.
Program Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun Nusa Tenggara Timur (NTT) resmi diluncurkan di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), baru-baru ini. /Kemendikbud ristek/

JURNAL SOREANG- Program Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun Nusa Tenggara Timur (NTT) resmi diluncurkan di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), baru-baru ini.

 PKW Tekun Tenun NTT merupakan program kerja sama antRa Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTT.

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti, dalam sambutannya mengatakan penyelenggaraan PKW Tekun Tenun NTT memiliki peranan penting dalam mendorong terciptanya wirausahawan muda dengan sasaran anak putus/tidak bersekolah pada rentang usia 15 – 25 tahun.

Baca Juga: Pembelajaran Perdana Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Level Platinum Resmi Dibuka

Program tersebut diharapkan dapat mendorong geliat terciptanya wirausaha muda bidang tenun di Provinsi NTT agar lebih berkualitas dan dapat memiliki daya saing yang mampu mengangkat perekonomian tingkat lokal maupun internasional.

“Program PKW memiliki tujuan yang sangat mulia, yaitu membekali peserta didik dengan cara melatih dan mendidik di bidang kewirausahaan serta keterampilan vokasi yang diharapkan dapat tumbuh dan berkembang jiwa maupun sikap kewirausahaan yang pada akhirnya mereka mampu untuk mendirikan rintisan usaha dengan dibimbing oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),” ujar Suharti.

Ditambahkan Suharti bahwa pada 2020 lalu program PKW telah diarahkan untuk mendukung pengembangan ragam keterampilan di lima destinasi wisata, yaitu destinasi wisata Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, Danau Toba, dan Likupang.

Baca Juga: Ini Alasan Ariyanti Dipercaya Selenggarakan Program PKW 2021 Oleh Kemendikbud Ristek

Sedangkan tahun 2021 dikhususkan untuk provinsi NTT dalam rangka mendukung pengembangan Tenun NTT. “PKW ini merupakan salah satu upaya Kemendikbudristek untuk meningkatkan akses layanan pendidikan terutama untuk anak yang putus sekolah.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Kemendikbud Ristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah