Anggota DPR Minta Pembentukan Holding Gula untuk Swasembada Gula, Nevi: Industri Gula Rapuh

- 23 September 2021, 03:47 WIB
Ilustrasi gula. Industri gula Indonesia masih rapuh.
Ilustrasi gula. Industri gula Indonesia masih rapuh. /Pexels

JURNAL SOREANG- Anggota DPR RI asal Sumatera Barat II, Hj. Nevi Zuairina pada saat rapat dengar pendapat komisi VI dengan BUMN Gula dengan pokok bahasan Pembentukan holding pabrik gula Sugar Company atau SugarCo meminta agar perusahaan plat merah ini mampu meningkatkan kemajuan Industri Pergulaan Nasional.

Dari informasi yang ia dapat, hingga saat ini, bila seluruh industri pergulaan Indonesia di gabungkan, masih kalah dari beberapa negara luar.

"Pergulaan nasional kita masih agak rapuh, dimana ditengarai sering terjadi gangguan pasokan akibat cuaca, dan gangguan harga akibat kenaikan harga gula dunia yang dipicu dari naiknya penguatan negara penghasil gula terbesar seperti Brazil", tutur Nevi dalam pernyataannya Rabu 22 September 2021.

Baca Juga: Anggota Komisi VI Kritik PTPN: Masalah Utama Terkait Produktivitas Lahan, Tapi Malah Bentuk Holding Gula

Nevi melanjutkan, rapuhnya pergulaan nasional ini, paling utamanya ketergantungan importasi gula terutama untuk keperluan gula industri makanan dan minuman.

Bahkan di tahun 2013, kemudian di tahun 2017 dan 2018, kita pernah menjadi importir gula terbesar nasional mengalahkan Tiongkok dan Amerika .

"Sesuai dengan keputusan rapat Komisi VI dengan BUMN Gula, yang hadir Dirut PTPN III, PTPN II, PTPN VII, PTPN IX, PTPN X, PTPN XI, PTPN XII, PTPN XIV, dan PT Sinergi Gula Nusantara, di masa depan BUMN gula harus melakukan upaya pemenuhan pasokan gula dalam negeri agar Indonesia tidak berhantung pada impor dan mewujudkan kemandirian gula konsumsi, meningkatkan kesejahteraan petani sekaligus menjaga stabilitas harga gula ritel melalui pembentukan Sinergi Guka Nusantara", Urai Nevi.

Baca Juga: Gula Darah Berlebih Bisa Jadi Diabetes, Simak Gejalanya : Selalu Ingin Makanan yang Manis

Legislator asal Sumbar II ini berharap, Indonesia 5-6 tahun kedepan bukan lagi negara yang mengimpor gula konsumsi lagi.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x