impor Daging Tembus Rp1 Triliun Lebih, FPKS DPR: Upaya Puluhan Tahun Belum Ada Solusi Kurangi Impor

- 25 Agustus 2021, 08:58 WIB
kedatangan impor daging dari Brazil. Puluhan tahun APBN digelontorkan agar swasembada daging sapi, tapi belum tercapai.
kedatangan impor daging dari Brazil. Puluhan tahun APBN digelontorkan agar swasembada daging sapi, tapi belum tercapai. /Kamsari/dok humas PT Berdikari

JURNAL.SOREANG- Indonesia melakukan impor daging sapi dan lembu yang sangat tinggi. Pada bulan Juli 2021 sudah  mencapai US$ 71,72 juta atau setara lebih dari Rp 1,076 Triliun dengan asumsi kurs Rp15 ribu per dollar AS.

Anggota DPR RI Komisi IV, Andi Akmal Pasluddin mengkritisi dukungan APBN untuk mengurangi importasi belum terlihat hasilnya.

Politisi PKS  dan mitra kerja Kmenterian Pertanian ini menyatakan,  telah mendukung dengan berbagai program yang berhubungan dengan peningkatan produksi sapi.

Baca Juga: DPR Minta Pemerintah Stop Impor Bawang Merah, Kualitas Bawang Impor Lebih Rendah

"Di antaranya, Penyelamatan Sapi betina produtif, Program UPPO (Unit Pengolah Pupuk Organik), Program sensus SAPI, UPSUS SIWAB (Sapi Indukan Wajib Bunting), Program Peningkatan Produksi Susu Nasional, dan berbagai program lain yang spesifik untuk menahan laju importasi daging sapi," katanya.

Pada bulan Juli ini kan kita merayakan Iedul Adha, kata Andi, banyak peternak yang mengeluh ternaknya tidak terjual maksimal di momen yang paling dinantikan dalam setahun akibat adanya pembatasan-pembatasan akibat Pandemi.

"Tapi agak aneh importasi bulan Juli 2021 malah tinggi sekali. Bahkan bila dibandingkan bulan sebelumnya meningkat 10,5 persen," keluh Akmal.

Baca Juga: Pemerintah Tidak akan Impor Beras dan Tidak Menaikkan PPN Beras, Anggota FPKS DPR: Kami Catat Janjinya

Legislator asal Sulawesi Selatan II ini meminta Kementerian Pertanian (Kementan) agar target peningkatan kesejahteraan petani melalui tiga program strategis dapat betul-betul terealisasi.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x