Banyak Warga Tak Tahu Adanya Hari UMKM Nasional, Anggota DPR: Harus Waspada Sebab 50 Persen UMKM Gulung Tikar

- 13 Agustus 2021, 09:27 WIB
Link Twibbon Hari Nasional UMKM, 12 Agustus 2021, Banyak Warga Tak Tahu Adanya Hari UMKM Nasional
Link Twibbon Hari Nasional UMKM, 12 Agustus 2021, Banyak Warga Tak Tahu Adanya Hari UMKM Nasional /Twibbonize.com/

JURNAL SOREANG- Tak banyak yang tahu kalau kemarin, 12 Agustus 2021, adalah hari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Berkenaan dengan Hari UMKM Nasional, anggota DPR RI asal Sumatera Barat II, Hj. Nevi Zuairina, mengingatkan kembali kepada pemerintah untuk kembali memperkuat digitalisasi UMKM dan Perbaikan Data yang telah melewati proses panjang dari mulai pembahasan di Komisi VI DPR hingga rapat paripurna.

"Pemerintah perlu mendorong UMKM di seluruh Indonesia untuk berlari mempersiapkan diri berkompetisi usaha secara internasional," kata Nevi dalam pernyataannya, Jumat 13 Agustus 2021.

Baca Juga: Dukung UMKM Indonesia, Lazada Stop Keran Impor Klaster Besar

Apalagi saat ini, suasana pandemi Covid-19 masih sangat kental di negeri Indonesia yang mesti memacu percepatan prilaku usaha untuk dapat bertahan. Bahkan,  bila perlu secara perlahan bangkit untuk maju.

"Salah satu tanda kemajuan UMKM adalah ketika pasar-pasar internasional sudah tembus yang artinya produk dari komoditas yang dihasilkan anak negeri di terima oleh masyarakat internasional," ujarnya.

Dorongan untuk penguatan Digitalisasi UMKM berbasis data tunggal ini mesti terus disuarakan, agar tidak ada momentum yang terlupakan.

Baca Juga: Benarkah PPKM Diperpanjang Hingga September 2021, UMKM Diprediksi Ambruk

"Karena terbentuknya link and match antara UMKM dengan BUMN mesti segera terwujud. Pemerintah Jangan hanya kepada BUMN yang diberi porsi besar pada alokasi APBN, tapi  pelaku UMKM inilah yang perlu diperhatikan, karena sangat jelas membantu negara mempertahankan tumbuh kembang perekonomian bangsa,"  ucap Nevi.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x