Dari Webinar UMKM Sumatera Barat, Saatnya UMKM Go Internasional

- 18 Juni 2021, 16:46 WIB
Bisnis kerupuk kulit dan kerupuk Balado khas Minang mengantarkan Zetria, perempuan asal Padang, Sumatera Barat menjadi wirausaha mikro sukses. UKM bisa menembus pasar ekspor.
Bisnis kerupuk kulit dan kerupuk Balado khas Minang mengantarkan Zetria, perempuan asal Padang, Sumatera Barat menjadi wirausaha mikro sukses. UKM bisa menembus pasar ekspor. /Dok. BRI/

JURNAL SOREANG- Anggota DPR RI Komisi VI, Hj. Nevi Zuairina  mengatakan,  pentingnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Sumatera Barat  mempersiapkan diri untuk berkompetisi usaha secara internasional.

Pasalnya, dengan sistem teknologi informasi dan sudah mulai lengkapnya infrastruktur pendukung seperti jasa antar barang yang semakin kompetitif, akan menjadi peluang usaha semakin luas tanpa batas lokasi dan waktu.

"UMKM merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat. Kemudian UMKM dapat berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat," kata Nevi saat menjadi pembicara dalam webinar UMKM Sumbar, Kamis, 17 Juni 2021.

Baca Juga: Wakil Rakyat Minta BRI Tetap Pro UMKM Meski Lakukan Restrukturisasi Kredit Hingga Kinerjanya Turun

Selain itu UMKM juga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan berperan dalam mewujudkan stabilitas nasional.

"Namun, perluasan pasar produk-produk UMKM yang di dukung dengan kualitas produk dan kemasan standar internasional masih perlu di upayakan sehingga meluaskan segmen pasar sebanyak-banyaknya," ujarnya.

Nevi mengakui kualitas produk UMKM ini sudah ada yang bagus sekali,  tapi juga masih banyak yang perlu ditingkatkan dari sisi kualitas dan kemasan.

Baca Juga: Ibu UMKM: Prihatin, dari 57 Juta Pengusaha Ultra Mijro Baru 20 Persen Tersentuh Bank, UMKM Terjerat Rentenir

"Paling penting adalah membangun jaringan pasar hingga ekspor yang sejak teknologi komunikasi dan informasi berkembang pesat dengan maraknya Market place sebagai wadah yang potensial", tutur Nevi.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X