Ibu-Ibu Paling Terdampak Akibat Pandemi, Kaum Ibu Kiaracondong Berupaya untuk Berwirausaha

- 6 Agustus 2021, 09:59 WIB
Tim FISIP Unpas yang membantu Kaum Ibu di Kelurahan Babakan Sari, Kiaracondong, Kota Bandung,  untuk Berwirausaha hidroponik.
Tim FISIP Unpas yang membantu Kaum Ibu di Kelurahan Babakan Sari, Kiaracondong, Kota Bandung, untuk Berwirausaha hidroponik. /FISIP UNPAS/

JURNAL SOREANG- Pandemi Covid-19 membuat dampak ekonomi hebat sehingga menambah jumlah warga miskin khususnya di perkotaan.

Kaum ibu sebagai garda terdepan dalam pemenuhan kebutuhan makanan tentu menjadi pihak yang paling terdampak akibat suaminya terkena PHK, dirumahkan atau usahanya tersendat.

Untuk itu, FISIP Unpas mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) untuk pemberdayaan ibu rumah tangga melalui wirausaha hidroponik di Kelurahan Babakan Sari, Kiara Condong, Kota Bandung.

Baca Juga: Inilah Tips agar Usaha Hidroponik Bisa Sukses

Tim yang diketuai Dr.Yuyun Yuningsih,M.Si dengan anggota Drs. Sumardani.M,Si dan
Ikhsan Maulana, S.Sos ini menggelar pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan menumbuhkan minat berwirausaha kepada kelompok Ibu rumah tangga yang terdampak pandemi Covid-19.

"Pandemi ini telah  melemahkan sendi perekonomi masyarakat terutama masyarakat miskin di perkotaan. Berdasarkan fenomena dan fakta tersebut, maka dilakukan upaya pemberdayaan masyarakat yang sasarannya adalah ibu rumah tangga melalui kegiatan kewirausahaan," kata Yuyun Yuningsih,  saat dihubungi, Kamis, 5 Agustus 2021.

Hidroponik dipilih karena bisa   meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan  bercocok tanamam  hidroponik praktis dengan tak butuh lahan luas.

Baca Juga: Di Masa Pembelajaran Daring, FISIP Unpas Beri Perhatian Khusus kepada Anak-Anak Telantar di Panti Asuhan

" Dengan pelatihan tersebut diharapkan mengubah sudut pandang masyarakat tentang pertanian. Bertanam tidak harus dengan memiliki halaman luas, tapi pekarangan rumah ataupun tembok rumah dapat menghasilkan sesuatu yang bisa bermanfaat dan juga bisa menambah penghasilan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x