Inilah Tips agar Usaha Hidroponik Bisa Sukses

- 28 September 2020, 10:19 WIB
Pengurus Masjid Al Mu'minuun, Rancaekek, Kabupaten Bandung, sedang mengamati perkembangan tanaman hidroponik nya yang ada di atap masjid
Pengurus Masjid Al Mu'minuun, Rancaekek, Kabupaten Bandung, sedang mengamati perkembangan tanaman hidroponik nya yang ada di atap masjid /Sarnapi/

 

 

 

JURNAL SOREANG.- Hidroponik adalah budidaya menanam yang memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Namun, justru mengedepankan pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Kepraktisan ini yang mengundang lembaga maupun warga untuk mencobanya. Ada yang berhasil, namun tak sedikit pula yang gagal. "Kita harus terus mencoba hidroponik ini. Kalau gagal ya bangkit lagi," ujar Penasihat Tim Hidroponik Masjid Al Mu'minuun, Heri Suhaeri (46), saat dihubungi, Senin, 28 September 2020.

Kebutuhan modal untuk memulai hidroponik, kata Heri, juga tak terlampau besar. "Kami mendapatkan modal awal dari kas masjid lalu ada bantuan modal dari BAZNAS Kabupaten Bandung. Hidroponik tak butuh lahan luas malah bisa di atap, teras atau bahkan di sudut-sudut rumah juga bisa," ujarnya.

Baca Juga: Atap Masjid Pun Bisa Datangkan Penghasilan

Hidroponik sangat prospektif dan mudah dikembangkan

Hidroponik adalah salah satu sistem budidaya tanaman yang sangat mudah untuk dikembangkan serta dengan potensi pangsa pasar luas.  "Apabila memilih memulai usaha ini di rumah, maka dapat menggunakan benda-benda di sekitar sebagai tempat budidaya Hidroponik ini. Seperti toples, ember, gelas, plastik bekas minyak goreng dan lain-lain," ujarnya.

Perlu juga  dipikirkan untuk membungkus wadah-wadah bening dengan melapisinya menggunakan aluminium foil, plastic, maupun cat untuk lebih memastikan cahaya ditolak untuk masuk. Jadi memperkecil kemungkinan tumbuhnya lumut. "Butuh ketekunan serta ketelatenan, dan harus selalu belajar hidroponik," katanya.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x