Anggota DPR Dukung Restrukturisasi Bisnis Gula Meski Utang PTPN Rp48 Triliun dan Import Gula Masih Marak

- 23 Juni 2021, 06:24 WIB
Anggota Komisi VI DPR asal Sumatera Barat, Nevi Zuairina, yang menekankan pentingnya swasembada gula
Anggota Komisi VI DPR asal Sumatera Barat, Nevi Zuairina, yang menekankan pentingnya swasembada gula /FPKS/

JURNAL SOREANG- Anggota DPR RI Komisi VI, Hj. Nevi Zuairina pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan PTPN III, Senin 21 Juni 2021, mendukung kebijakan  Direktur PTPN III (persero) terkait restrukturisasi bisnis gula di lingkungan PTPN gula.

"Gula merupakan salah satu komoditas pokok bagi masyarakat. Hingga saat ini, kita masih menemui kerugian dalam bisnis ini. Total utang Grup PTPN bahkan mencapai Rp48 triliun per tahun 2020 yang membuat bapak meneg BUMN melakukan perombakan besar. Kan jadi pertanyaan besar, gula selalu memiliki permintaan tinggi, tapi masih terdapat kerugian yang cukup signifikan,"  tutur Nevi.

Politisi PKS ini meminta keterangan kepada PTPN III (persero) bagaimana cara memaksimalkan kinerja yang efektif dan efisien hingga menghasilkan kontribusi keuntungan bagi negara.

Baca Juga: Luar Biasa, Pabrik Gula Bombana Bakal Kurangi Sampai 7,5 Persen Impor Gula Nasional

"Apalagi setelah perusahaan plat merah ini menerima Penyertaan Modal Negara (PMN). Diketahui, per 10 November 2020 PTPN menjadi salah satu BUMN penerima suntikan modal pada tahun 2020 mencapai Rp4 triliun," ujarnya.

Adapun berkaitan dengan upaya restrukturisasi bisnis yang dilakukan PTPN III, Nevi meminta agar memastikan dengan betul-betul, terkait dengan aturan atau regulasi yang menaunginya.

Sehingga di kemudian hari, kata Nevi, tidak ada kekahwatiran pelanggaran regulasi pengalihan aset perusahaan untuk  restrukturisasi PTPN Gula ini.

Baca Juga: SEGERA CEK BSU BPJS Ketenagakerjaan 2021 di Laman Kemnaker.go.id, Akan Cair ke 7 Kriteria Ini

"PTPN III selaku perusahaan Holding milik negara yang akan melakukan restrukturisasi, mesti memastikan adanya prinsip good corporate governance (GCG). Misalnya proses divestasi saham dalam rangka restrukturisasi PTPN Gula. Ketika semua niatan dan pelaksanaan di dasari dengan kebaikan, mudah-mudahan ke depannya akan mendapati hasil yang sesuai harapan tanpa penyimpangan," ujar Nevi.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x