Kuliah dari Rumah tak Halangi ITS Raih Kampiun Medali Terbanyak dalam Lomba di Bandung

15 Oktober 2021, 03:55 WIB
Kemendikbudristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan Universitas Telkom resmi menutup Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) untuk ke-14 kalinya secara daring, baru-baru ini. /Kemendikbud ristek/

JURNAL SOREANG- Kebijakan “Belajar Dari Rumah” yang diterapkan oleh Kemendikbudristek) di berbagai jenjang termasuk di pendidikan tinggi dimulai pada pertengahan tahun 2020 lalu tidak menjadi penghalang bagi mahasiswa untuk menorehkan prestasi gemilang.

Kemendikbudristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan Universitas Telkom resmi menutup Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) untuk ke-14 kalinya secara daring, baru-baru ini.

 Ajang tersebut menghantarkan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya sebagai juara umum dengan raihan 2 emas, 2 perak, 5 perunggu dan 4 honorable.

Baca Juga: Kemendikbudristek Gandeng ICON+ Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Kebudayaan melalui TIK

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Nizam,  mengatakan, GEMASTIK XIV yang mengusung tema “TIK Untuk Indonesia Bangkit Menuju Kehidupan Bangsa yang Lebih Baik” menjadi ajang pembuktian mahasiswa untuk mengekspresikan kreativitas dan suguhan kreasi penguasaan TIK serta membangun persahabatan antar Perguruan Tinggi (PT). “Saya ucapkan selamat kepada finalis yang lolos dan pemenang yang akan diumumkan.

Senada dengan itu, Ketua Pelaksana GEMASTIK XIV, Dida Diah Damajanti saat menyampaikan laporan hasil pelaksanaan kegiatan mengungkapkan kegembiraannya karena ajang GEMASTIK berlangsung dengan baik.

“Kami sampaikan apreasiasi kepada Kemendikbudristek serta semua pihak yang telah mendukung serta berkontribusi nyata sehingga GEMASTIK XIV terlaksana dengan baik. Akhirnya perjuangan adik-adik telah mencapai puncak, siapa yang belum juara, ide atau gagasannya merupakan kesempatan untuk melakukan perubahan lebih baik di masa mendatang serta akan membuat Indonesia lebih maju di bidang TIK,” pungkasnya.

Baca Juga: Prioritas DAK Tahun 2022: Pemenuhan Sarana TIK dan Rehabilitasi Prasarana Sekolah, Pemerintah Buat Aturan Baru

Tahun ini Universitas Telkom telah dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan GEMASTIK XIV dalam memfasilitasi pelaksanaan kompetisi dari total 3.164 tim.

Tim mengikuti pada 11 divisi lomba 11 cabang/divisi lomba, 2 (dua) ekshibisi _e-Sport_ serta kompetisi poster d sebaran tim berasal dari 235 perguruan tinggi yang tersebar pada 33 provinsi di Indonesia.

Total terdapat 10 perguruan tinggi sebagai kelompok peraih medali terbanyak yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Intstitut Teknologi Bandung, Universitas Telkom, Universitas Bina Nusantara, Universitas Pelita Harapan, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Syiah Kuala, Universitas Mataram dan Universitas Indonesia.

Baca Juga: Ternyata Naskah Proklamasi Diketik Lewat Mesin Tik Nazi Jerman, Berikut Ceritanya

Diawali divisi lomba pemrograman (_Programming_) dimana Juara I diraih oleh tim Proof by Clarification dari Universitas Bina Nusantara, Juara II oleh tim Ayaka Sayu Venti dari Universitas Indonesia, Juara III oleh tim Semoga Dapat Akun dari Institut Teknologi Bandung dan Juara Harapan oleh tim Dolanan Wae dari Universitas Indpnesia.

Untuk divisi lomba keamanan siber (_Cyber Security_), Juara I oleh tim Average kuliah online enjoyer dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara II oleh tim Anonymous dari Universitas Gunadarma, Juara III oleh tim AMIKOM DEEPWEEB dari Universitas Amikom Yogyakarta dan Juara Harapan oleh tim Terlantarkan dari Universitas Bina Nusantara.

Selanjutnya divisi lomba penambangan data (_Data Mining_), Juara I oleh tim ILY dari Institut Teknologi Bandung, Juara II oleh tim PRATAMA AZMI ATMAJAYA dari Universitas Telkom, Juara III oleh tim Nasigoreng dari Institut Teknologi Bandung, Juara Harapan oleh tim Signal dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan penghargaan _The Most Inspiring_ oleh tim Onet v.2 daril Universitas Muhammadiyah Malang.

Baca Juga: Dukung SMK Siapkan SDM Digital, Industri TIK Terus Aktif Berikan Pelatihan Ciptakan 100 Ribu SDM Digital Lokal

Kemudian divisi lomba desain pengalaman pengguna (_UX Design_), Juara I oleh tim Neo-Future dari Universitas Pelita Harapan Medan, Juara II oleh tim Parama dari Universitas Gadjah Mada, Juara III oleh tim DPP-C-Kelompok 7 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara Harapan diraih tim Ketidur-AN dari Universitas Indonesia dan penghargaan _The Most Inspiring_ oleh tim Twinless Twin dari Universitas Bina Nusantara.

Untuk divisi lomba animasi (_Animation_), Juara I oleh tim BAM dari Institut Teknologi Bandung, Juara II oleh tim LANGDALI dari Universitas Telkom, Juara III oleh tim Boombox dari Institut Seni Indonesia Surakarta, Juara Harapan diraih tim Arutala dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan penghargaan _The Most Inspiring_ oleh tim DULASAWE Twin v.2 dari Universitas Budi Luhur.

Selanjutnya divisi lomba kota cerdas (_Smart City_), Juara I oleh tim PhantomV dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara II oleh tim Go Go HAF dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara III oleh tim Lembuswana dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara Harapan oleh tim Smart Future dari Universitas Telkom dan penghargaan _The Most Inspiring_ oleh tim Axton dari Universitas Islam Indonesia.

Baca Juga: Ini Rincian Belanja Triliunan oleh Kemendikbudristek untuk TIK Sekolah Termasuk Laptop Merah Putih

Kemudian divisi lomba karya tulis ilmiah TIK (_ICT Scientific Paper_), Juara I oleh tim Mawapres Tegeng dari Universitas Mataram, Juara II oleh tim Ganesha_KTI01 dari Universitas Pendidikan Ganesha, Juara III oleh tim Agrotek UG dari Universitas Gunadarma, Juara Harapan diraih tim AmiComTech2021 dari Universitas Amikom Yogyakarta dan penghargaan _The Most Inspiring_ oleh tim Hygieia dari Universitas Negeri Surabaya.

Selanjutnya divisi lomba pengembangan perangkat lunak (_Software Development_), Juara I oleh tim 1611016110004 dari Universitas Lambung Mangkurat, Juara II oleh tim Sehat dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara III oleh tim Triple A dari Universitas Telkom, Juara Harapan oleh tim Calon Bunda dari Universitas Indonesia dan penghargaan _The Most Inspiring_ oleh tim SoftTech dari Universitas Teknologi Indonesia.

Kemudian divisi lomba piranti cerdas, sistem benam & IoT (_Smart Device, Embedded System & IoT_), Juara I oleh tim AFA Team dari Universitas Syiah Kuala, Juara II oleh tim Analog PCR dari Politeknik Caltex, Juara III oleh tim ALIVE dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara Harapan diraih tim Reagtifity dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan penghargaan _The Most Inspiring_ oleh Tim Start Hunters dari Universitas Negeri Makassar.

Baca Juga: Tingkatkan Kompetensi TIK Guru, Kemendikbud Kembali Luncurkan Bimtek Pembelajaran Berbasis TIK 2021

Selanjutnya divisi lomba pengembangan aplikasi permainan (_Game Development_), Juara I oleh tim Yakut dari Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Juara II oleh tim Ganesha-Game01 dari Universitas Pendidikan Ganesha, Juara III oleh tim Apaya dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan penghargaan _The Most Inspiring_ oleh tim Hako dev dari Universitas Pamulang.

Kemudian divisi lomba pengembangan bisnis TIK, Juara I oleh tim Aipet dari Universitas Telkom, Juara II oleh Cle Bleue dari Universitas Indonesia, Juara III oleh Han Ji-Pyeong dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara Harapan oleh tim Guardians dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan penghargaan _The Most Inspiring_ oleh tim FIPMO Fish Pond Monitoring dari Universitas Brawijaya.

Adapun untuk lomba ekshibisi _e-Sport_ yang merupakan kategori tambahan di tahap final, Juara I oleh tim PCR_Squad dari Politeknik Caltex Riau, Juara II oleh tim Unsoed Sobat dari Universitas Jenderal Soedirman dan Juara III oleh tim Tel-U Clutch dari Universitas Telkom.

Baca Juga: Kembali Digelar Virtual! Berikut Link Swastamita 2021 Telkom University yang Tampilkan150 Karya Adi Busana

Selain itu terdapat hasil kompetisi poster dimana Juara I oleh tim Guardians dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara II oleh tim Techify dari Universitas Jember, Juara III oleh tim Boombox dari Institut Seni Indonesia Surakarta dan Juara Harapan diraih tim Gravis Indonesia dari Universitas Telkom.Seluruh pemenang mendapatkan sertfikat penghargaan dan uang pembinaan dari Puspresnas.***

Editor: Sarnapi

Sumber: Kemendikbudristek

Tags

Terkini

Terpopuler