Haji Furoda Banyak Masalah, Berikut Penyebabnya Menurut Dewan Pengawas Asphurindo Holil Umarzen

- 13 Juli 2022, 21:36 WIB
Haji Furoda Banyak Masalah, Berikut Penyebabnya Menurut Dewan Pengawas Asphurindo  Holil Umarzen
Haji Furoda Banyak Masalah, Berikut Penyebabnya Menurut Dewan Pengawas Asphurindo Holil Umarzen /unsplash.com

JURNAL SOREANG - Ketua Dewan Pengawas Asosiasi Penyelenggara Haji Umroh dan Inbound Indonesia (Asphurindo), Rd Holil Aksan Umarzen menyatakan, kasus haji Furoda bisa terjadi karena adanya mafia broker visa.

Pernyataan mafia broker visa berada di balik kasus haji Furoda ini ia sampaikan saat ditemui Jurnal Soreang di kantornya di Bandung.

Lebih lanjut Holil Umarzen menyatakan, kasus haji Furoda merupakan musibah besar bagi bangsa Indonesia karena memakan korban ribuan orang di dalam dan di luar negri, gara-gara mafia broker visa.

Baca Juga: Update! Kemenag akan Bahas Regulasi Pengawasan Haji Furoda dan Mujamalah, Berikut Lengkapnya

“Saya sangat prihatin atas musibah besar ini, ribuan calon jamaah haji kita sampai terlantar di bandara Jakarta dan di Arab Saudi,” kata Holil. “Ini situasi yang sangat tidak mengenakkan.”

Selain terlantar di Jakarta, puluhan calon jamaah haji Furoda juga dideportasi pemerintah Arab Saudi, sehingga mereka gagal menjalankan ibadah haji dan dirugikan perusahaan yang memberangkatkannya.

Menurut Holil, haji Furoda adalah haji yang tidak menggunakan kuota resmi dari pemerintah Arab Saudi. Jadi, mereka tergolong sebagai haji perorangan, yang memang diberikan kepada orang tertentu.

Baca Juga: Parah! Ratusan Calhaj Furoda Gagal Berangkat, Sejumlah Rombongan Visa Non Haji Justru Tembus Arafah, Kok Bisa?

“Pemerintah Arab Saudi setiap tahun memang memberi kuota haji berdasarkan kebijakan mereka kepada para undangan, tokoh tertentu, atau jamaah yang mengajukan berangkat haji secara perorangan,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah