Halal Bihalal Idul Fitri, Ini Makna dan Pentingnya Halal Bihalal

- 17 April 2024, 16:05 WIB
Ilustrasi Tradisi Halal Bihalal pada Lebaran Idul Fitri
Ilustrasi Tradisi Halal Bihalal pada Lebaran Idul Fitri /elements.envato



JURNAL SOREANG – Halal Bihalal adalah salah satu tradisi yang sangat populer di Indonesia setiap kali Idul Fitri tiba. Tradisi ini menjadi momen yang dinantikan oleh banyakk orang untuk saling berkumpul, bermaaf-maafan, dan berbagi kebahagiaan setelah menyelesaikan ibadah puasa selama bulan Ramadhan.

Halal Bihalal berasal dari bahasa arab dengan kata “halal” yang berarti “diperbolehkan” atau “tidak haram”, sedangkan “bihalal” merupakan bentuk jamak dari “bihaal”, yang berarti “dengan ijin” atau “dengan seizin”.

Tradisi ini awalnya datang dari ajaran agama islam, di mana setelah menyelesaikan ibadah puasa selama bulan Ramadhan, umat muslim diharapakan untuk saling bermaaf-maafan dan memperbaiki hubungan antara sesama manusia.

Baca Juga: Timur Tengah Sedang Memanas, Apakah Ada Dampak Terhadap Ekonomi Indonesia? Ini Penjelasan Airlangga Hartarto


Halal Bihalal memiliki berbagai makna yang di dalam dan mengandung nilai-nilai luhur. Pertama, tradisi ini mengajarkan pentingnya saling memaafkan dan memulai lembaran baru dalam hubungan antar manusia.

Dalam budaya Indonesia, hal ini tercermin dalam adat saling bermaaf-maafan dan mengucapkan kata-kata, “mohon maaf lahir dan batin”, yang berarti meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan baik secara fisik maupun emosional. Selain itu, halal bihalal juga menjadi momen untuk saling bersilaturahmi dan mempererat tali persaudaraan.

Keluarga, teman, dan tetangga berkumpul bersama untuk berbagi kebahagiaan, makan bersama, dan saling memberikan ucapan selamat Idul Fitri. Tradisi ini mengajarkan kita untuk saling berbagi kebaikan, membantu mereka yang kurang beruntung, dan menjaga keharmonisan dalam masyarakat.

Baca Juga: Formulir Pendaftaran Sayembara Maskot dan Jingle Pilbup Bandung 2024 Download Dimana? Unduh di Sini!

Pentingnya Halal Bihalal

Halaman:

Editor: Josa Tambunan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah