Saat Mahasiswa Universitas Keio Belajar Tari Jaipong dan Degung di KBRI Tokyo

- 23 September 2021, 07:26 WIB
Sebanyak 26 mahasiswa pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan 2 pengajar mata kuliah bahasa Indonesia asal Keio University (KU) belajar jaipong
Sebanyak 26 mahasiswa pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan 2 pengajar mata kuliah bahasa Indonesia asal Keio University (KU) belajar jaipong /Kemendikbud ristek/

JURNAL SOREANG- Sebanyak 26 mahasiswa pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan 2 pengajar mata kuliah bahasa Indonesia asal Keio University (KU) menyambangi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo pada Rabu.

Kunjungan dikemas dalam promosi budaya dan pariwisata bertajuk “Indonesia Day: Pesona Seni Budaya Jawa Barat” di ruang promosi Japan-Indonesia Partnership Lounge (Jaipong) KBRI Tokyo.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) RI di Tokyo, Yusli Wardiatno menyatakan,  tujuan utama Keio University mengirimkan mahasiswa adalah praktik lapangan kemampuan berdialog bahasa Indonesia dengan penutur aslinya. "Tapi di sini mereka juga berkesempatan menikmati dan belajar tari Jaipong dan memainkan gamelan degung Jawa Barat,” jelas Atdikbud Yusli, Rabu, 22 September 2021.

Baca Juga: Warga Jepang Tak Bisa Wisata ke Yogyakarta, Ini Langkah KBRI Tokyo dan KJRI Osaka

Dilanjutkan Yusli, kunjungan ini merupakan pengganti kunjungan rutin langsung ke Indonesia, yang selama dua tahun ini terhalang pandemi.

Delegasi disambut hangat Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi dan ketua Dharma Wanita Persatuan Nuning Akhmadi, Kepala Bidang Penerangan, Sosial dan Budaya, dan sejumlah pejabat KBRI Tokyo lainnya.

"Saya bangga melihat generasi muda Jepang antusias belajar bahasa dan budaya Indonesia. Hari ini mereka juga belajar Tari Jaipong dan Degung. Saya berharap ini bisa membuat mereka semakin mencintai Indonesia," tutur Dubes Heri.

Baca Juga: Akibat Pandemi Hingga Hambat 43 Mahasiswa Malaysia yang Kuliah di Indonesia, KBRI Kuala Lumpur Turun Tanga

KBRI Tokyo menggelar kegiatan ini guna mempromosikan seni, budaya, dan pariwisata Indonesia kepada masyarakat Jepang khususnya mahasiswa dari Universitas Keio dan memberikan wadah bagi para pemelajar Bahasa Indonesia di Universitas Keio untuk dapat mempraktikkan dan memperkaya kemampuan Bahasa Indonesia,” tambah Dubes Heri.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Kemendikbudristek


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X