Erick Thohir Terus Berupaya Optimalkan Peran BUMN Untuk Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

- 28 Agustus 2023, 06:50 WIB
Potret Erick Thohir dalam acara "Sound of Justice Road to Campus 2023" di Aseec Tower Universitas Airlangga Surabaya, Minggu 27 Agustus 2023. /Twitter @erickthohir
Potret Erick Thohir dalam acara "Sound of Justice Road to Campus 2023" di Aseec Tower Universitas Airlangga Surabaya, Minggu 27 Agustus 2023. /Twitter @erickthohir /

JURNAL SOREANG - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir telah mengambil langkah signifikan dalam mendorong pendapatan perusahaan di bawah kementeriannya guna mengurangi ketergantungan pada penerimaan pajak sebagai satu-satunya sumber pendapatan negara.

Dalam sebuah acara yang bertajuk "Sound of Justice Road to Campus 2023" yang dilaksanakan di Universitas Airlangga Surabaya, Erick Thohir menjelaskan bahwa keberagaman pendapatan menjadi kunci penting bagi stabilitas ekonomi negara.

Ia menekankan bahwa model ekonomi Finlandia yang sangat bergantung pada pendapatan pajak tinggi tidak sepenuhnya cocok untuk Indonesia.

Baca Juga: Mahasiswi KPI UIN Bandung Raih Juara Pasanggiri Duta Penyiaran Jawa Barat 2023, Ini. Video yang Bawa Juara

Hal ini karena tidak mungkin suatu negara hanya mengandalkan satu sumber pendapatan seperti pajak, terutama karena situasinya dapat berubah.

Indonesia tentu perlu untuk mencari keseimbangan dalam penerimaan, sebagaimana yang telah dilakukan melalui BUMN.

Sebagai negara yang mengusung prinsip pasar bebas, Indonesia juga perlu menjaga keseimbangan antara program pemerintah, sektor swasta, dan investasi.

Erick berpendapat bahwa keseimbangan ini akan memungkinkan BUMN untuk berperan efektif dalam memengaruhi pasar dan ekonomi.

Halaman:

Editor: Josa Tambunan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x