UMKM Makin Bersinar, Lebih dari 170 Pelaku Usaha Hadir di Festival Indonesia: Pesta Anak Bangsa 2023

- 14 Juli 2023, 07:06 WIB
UMKM Makin Bersinar, Lebih dari 170 Pelaku Usaha Hadir di Festival Indonesia: Pesta Anak Bangsa 2023
UMKM Makin Bersinar, Lebih dari 170 Pelaku Usaha Hadir di Festival Indonesia: Pesta Anak Bangsa 2023 /Kemendikbud ristek/

JURNAL SOREANG - Dalam mengembangkan ekosistem usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan memperkenalkan berbagai produk karya anak bangsa, Kemendikbudristek bersama lembaga maupun sektor swasta yang tergabung dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) menggelar Festival Indonesia: Pesta Anak Bangsa 2023 pada Sabtu 8 Juli 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 170 pelaku UMKM dengan produk-produk terpilih.

Saat ini para pelaku UMKM semakin berani menunjukkan berbagai hasil karyanya melalui produk-produk lokal buatan anak Indonesia.

Baca Juga: Bangga! Indonesia Negara Pertama di ASEAN yang Tampil Penuh Hannover Messe 2023, Ini Pengakuan Presiden Jokowi

Hasilnya, produk tersebut kini semakin berkembang dan kualitasnya tak kalah dengan produk-produk yang berasal dari luar negeri. Namun, dukungan dalam mengembangkan UMKM serta produk lokal butuh aksi nyata yang terus menerus.

Salah satunya adalah melalui festival yang bertajuk Bangga Buatan Indonesia (BBI). Kegiatan ini menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh Gernas BBI yang bertujuan untuk mempertemukan pelaku UMKM dan produk lokal dengan pasar digital potensial.

Festival ini diharapkan mampu menciptakan permintaan yang dibarengi dengan transaksi yang menguntungkan bagi pelaku dan produsen produk lokal serta konsumen digital.

Baca Juga: Malam Hari di Bandung, Presiden 'Blusukan' ke Toko UMKM hingga Nikmati Musik Akustik Bersama Kang Emil

Dukungan dalam memajukan UMKM di Indonesia diutarakan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kemendikbudristek, Kiki Yuliati adalah melalui berbagai program kewirausahaan.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Kemendikbudristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah