24 Bank Sentral Diperkirakan Akan Menggunakan Mata Uang Digital Pada Tahun 2030

- 11 Juli 2023, 09:56 WIB
Gambar ilustrasi uang digital yang ditargetkan tahun 2030.
Gambar ilustrasi uang digital yang ditargetkan tahun 2030. /Reuters

JURNAL SOREANG - Setidaknya 24 bank sentral di negara berkembang dan maju diharapkan memiliki mata uang digital yang beredar pada akhir dekade ini, menurut survei Bank for International Settlements (BIS) yang diterbitkan, 10 Juli 2023..

Proses mempelajari dan mengelola mata uang digital untuk penggunaan ritel telah diterapkan oleh bank sentral di seluruh dunia untuk menghindarinya diserahkan ke sektor swasta ketika penggunaan uang tunai berkurang.

Bahkan, beberapa bank sentral juga menjajaki peluang penggunaan massal untuk transaksi antar lembaga keuangan.

Baca Juga: Konflik! Pejuang Palestina yang Menembaki Tentara Israel Tewas Dibunuh Rezim Zionis

Sebagian besar Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) baru akan muncul di ruang ritel dengan 11 bank sentral dapat bergabung dengan mitra mereka di Bahama, Karibia Timur, Jamaika, dan Nigeria.

Negara tersebut teridentifikasi sudah melakukan transaksi mata uang digital secara langsung melalui hasil survei BIS yang dilakukan terhadap 86 bank sentral pada akhir tahun 2022.

BIS mengatakan, sembilan bank sentral dapat meluncurkan CBDC, selain sektor grosir di masa depan diharapkan memungkinkan lembaga keuangan untuk mengakses fungsi baru yaitu tokenisasi.

Tokenisasi adalah proses penggunaan data sensitif, seperti nomor kartu kredit, untuk menggantinya dengan nilai pengganti yang dikenal sebagai token.

Baca Juga: Wah Ternyata Ini! 3 Gejala Anda Kekurangan Vitamin K, Nomor 1 Gejala Kurang Darah Pada Luka Sulit Membeku

"Meningkatkan pembayaran lintas batas adalah salah satu pendorong utama langkah bank sentral pada CBDC massal," kata laporan itu.

Halaman:

Editor: Rustandi

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x