Sukses di Tahun Lalu Kini Java Tea Festival Hadirkan Para Pelaku Industri Teh, Begini Tujuannya

- 7 Juli 2023, 21:39 WIB
Java Tea Festival (JTF) dalam gelaran Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) menjadi upaya Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan ekosistem industri teh.
Java Tea Festival (JTF) dalam gelaran Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) menjadi upaya Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan ekosistem industri teh. /Moch Galih/JURNAL SOREANG

JURNAL SOREANG - Java Tea Festival (JTF) dalam gelaran Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) menjadi upaya Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan ekosistem industri teh.

Selama tiga hari, mulai 7-9 Juli 2023, JTF 2023 merupakan kelanjutan dari penyelenggaraan perdana di tahun lalu yang dinilai sukses memetakan pelaku industri hulu-hilir teh di wilayah Jawa.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Erwin Gunawan Hutapea saat ditemui pada sesi soft opening KKJ dan PKJB 2023 menyampaikan Indonesia merupakan negara produsen teh terbesar ke-8 dunia atau ke-2 di Asia Tenggara dengan nilai produksi mencapai 148 ribu ton/tahun.

Baca Juga: 6 Makanan dan Minuman yang Dapat Membantu Mencegah Bau Mulut, Salah Satunya Adalah Teh Hijau

"Dari pasokan tersebut, Jawa Barat memiliki pangsa lebih dari 70% teh nasional, sekaligus menjadikan Jawa Barat sebagai pusat produksi teh Indonesia," ungkap dia, di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat 7 Juli 2023.

Melalui JTF 2023 ini, Bank Indonesia bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat berfokus untuk semakin menunjukkan kualitas teh terbaik Indonesia serta memperluas pasar komoditas teh agar dapat semakin banyak dikenali oleh masyarakat domestik maupun global.

Bahkan, JTF 2023 juga turut menghadirkan beberapa booth artisan tea Indonesia yang telah mendapatkan penghargaan dunia Golden Leaf Awards atas kualitas terbaik teh Indonesia yang mereka tawarkan.

Baca Juga: 5 Efek Samping dari Minum Teh Manis Setiap Hari dan Berlebihan untuk Kesehatan Tubuh

"Dari berbagai program perluasan pasar yang akan semakin masif diimplementasikan ke depan, akan turut berdampak perluasan pasar ekspor teh Indonesia, yang pada tahun 2018 telah tercatat sebesar 42 ribu ton," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x