Ingin Usaha Maju? Pemasaran Digital dan Aplikasi Akuntansi Sangat Membantu Usaha Mikro dan Kecil di Kota Cimah

- 15 Agustus 2022, 20:46 WIB
Usaha rumahan Moikafood di Kota Cimahi yang masih dikelola manual sehingga butuh bantuan untuk pemasaran dan pengelolaan keuangan
Usaha rumahan Moikafood di Kota Cimahi yang masih dikelola manual sehingga butuh bantuan untuk pemasaran dan pengelolaan keuangan /Istimewa/

JURNAL SOREANG- Pandemi Covid-19 yang menyambangi Indonesia sejak dua tahun lalu memberikan dampak besar bagi perekonomian.

Salah satunya bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM di Kota Cimahi sehingga banyak yang gulung tikar karena tak mampu bertahan.

"Berdiri sejak 2017, Moikafood adalah usaha rumahan asal Kota Cimahi, Jawa Barat. Pada umumnya permasalahan yang terjadi pada para pelaku usaha kecil adalah permasalahan pencatatan keuangan yang masih manual," kata Ketua Tim Pengabdian Masyarakat  Administrasi Bisnis Fisip Unpas, Dr. Heri Erlangga, S.Sos.,M.Pd, didampingi anggotanya Dr. Nurhayati, S.Sos.,M.Si, Senin 15 Agustus 2022.

Baca Juga: Peduli UMKM, Kemendikbudristek Tandatangani Perjanjian Sewa dengan 25 Pelaku Usaha Mikro dan Kecil

Persoalan lainnya adalah pemasaran yang lemah bahkan tak ada promosi sehingg UMKM membutuhkan promosi yang efektif dengan menggunakan media digital.

"Terutama digital marketing untuk mengikuti trend yang terjadi pada saat ini di dunia digital. 

"Untuk itu, UMKM membutuhkan uluran tangan untuk meningkatkan pendapatan mitra sehingga dapat mengembangkan usahanya. Dengan pelatihan digital marketing dapat menambah pengetahuan membuat konten yang menarik, promosi bisa dilakukan dengan cepat dan jangkauan yang luas," katanya.

Baca Juga: Komitmen Edukasi UMKM di 379 Kota, BRI Gelar Pesta Rakyat Simpedes di Galuh Mas Karawang

Sedangkan pelatihan aplikasi akuntansi juga yang mudah sepertinya program accurate yang dapat memberikan keakuratan perhitungan kuantitas barang.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x