Johan Rosihan: Selain Vaksin Covid-19 Seharusnya Pemerintah Juga Sediakan 'Vaksin' Pangan, Ini Maksudnya

- 23 Januari 2022, 07:02 WIB
Warga Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung mengantri membeli minyak goreng dalam operasi pasar murah. Harga minyak goreng Nyang sempat naik drastis telah membebani warga.
Warga Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung mengantri membeli minyak goreng dalam operasi pasar murah. Harga minyak goreng Nyang sempat naik drastis telah membebani warga. /Dok. Pemkab Bandung

JURNAL SOREANG-  Naiknya harga beberapa bahan pangan di awal tahun memberatkan masyarakat. Untuk itu, pemerintah selain menyediakan vaksin Covid-19 juga menyediakan 'vaksin' yang lebih penting dan menyangkut hajat hidup warga.

"Akibat kenaikan harga bahan pangan ini membuat masyarakat  sebab harga pangan yang terus mencekik. Nelambungnya harga komoditas pangan telah memberi beban ekonomi setiap rumah tangga pada kondisi sulit masa pandemi ini," kata wakil rakyat asal NTB, Johan Rosihan, Sabtu 22 Januari 2022.

Dia meminta agar pemerintah jangan main-main tentang urusan pangan karena hal ini menyangkut urusan hidup mati rakyat sesuai dengan amanat dari Undang-Undang No. 18 tahun 2012 tentang Pangan.

Baca Juga: Utang Bulog Capai Rp13 Triliun, tapi Digabungkan dalam Holding BUMN Pangan, Johan: Beban Akan Berat

"Pemerintah wajib menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok dan melakukan distribusi pangan untuk mewujudkan kecukupan pangan yang aman dan bergizi bagi seluruh masyarakat. Atas amanat undang-undang ini, harusnya pemerintah menjadikan sektor pangan sebagai prioritas utama dalam pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Johan menyebut meroketnya harga komoditas pangan sebagai kado pahit tahun baru 2022 bagi kehidupan seluruh masyarakat Indonesia.

"Kami mendesak pemerintah untuk segera menyelesaikan persoalan harga pangan dan segala aspek yang berhubungan dengan sektor pangan agar dikelola secara lebih baik, lebih sistematis dan selalu berpihak pada kepentingan petani dan seluruh rakyat," ujar Johan.

Baca Juga: Satgas Pangan Polri Akan Tindak Tegas Oknum yang Mainkan Harga Kepokmas

Selain itu, supaya ada porsi anggaran untuk stabilisasi harga pangan dalam kerja besar penanganan pandemi Covid-19 saat ini. Menurut Johan, hal ini penting dilakukan karena “vaksin” terbaik bagi rakyat adalah pangan yang murah, cukup, terjangkau,dan bergizi demi kehidupan rakyat yang lebih berkualitas.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x