Simak! Bukan Ideologi, Inilah Pengertian Kapitalisme menurut Karl Max

- 21 Januari 2022, 12:26 WIB
apitalis menurut Karl Max dijelaskan dalam bukunya yang berjudul Das Kapital/youtube Ferry Irwandi MEMBEDAH KAPITALISME
apitalis menurut Karl Max dijelaskan dalam bukunya yang berjudul Das Kapital/youtube Ferry Irwandi MEMBEDAH KAPITALISME /youtube Ferry Irwandi MEMBEDAH KAPITALISME

JURNAL SOREANG - Para pekerja benar-benar dieksploitasi habis-habisan untuk kekayaan si pemilik modal. Inilah yang Max sebut sebagai kapitalisme dan para pelakunya sebagai kapitalis.

Jadi bisa dibilang kapitalisme adalah mode produksi yang ditujukan untuk mencapai keuntungan setinggi-tingginya yang didapat melalui proses produksi dengan mengorganisir produksi.

Bila di awal mengaktifkan kapitalisme sebagai ideologi jelas salah, mengartikan kapitalisme sebagai sistem ekonomi nggak sepenuhnya salah tapi belum akurat.

Baca Juga: Menentang Adam Smith, Inilah Hal yang Membuat Karl Max Tidak Menyetujui Pasar Bebas

dan yang paling mendekati dari pengertian kapitalisme adalah modus produksi tadi ketika menginginkan keuntungan sebesar-besarnya dengan menekan biaya yang sangat minim.

Liberalisme dan kapitalisme adalah dua hal yang terkait namun sangat berbeda tapi sayangnya banyak di antara kita yang masih menyamakan dua hal ini.

Beberapa keadaan menggunakan definisi liberalisme untuk mengartikan kapitalisme ataupun sebaliknya menggunakan definisi kapitalisme untuk mengartikan liberalisme.

Pada hal dua kata ini sangat berbeda. Liberalisme itu adalah ideologi. Kapitalisme itu adalah modus produksi atau orang sering artinya sebagai sistem ekonomi.

Baca Juga: Selalu Berpikir Dua Kali Sebelum Bertindak, Sisi Baik Pribadi Shio Sapi Golongan Darah A

Bisa aja jadi seorang yang liberal tapi bukan kapitalis. Ya kalau tidak punya modal apa yang akan dikapitalisasi.

Halaman:

Editor: Rustandi

Sumber: Youtube Ferry Irwandi MEMBEDAH KAPITALISME


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x