Cek! Sudah Masuk Kelas Menengah? Ini Kriteria Masuk Kelas Menengah dengan Tumbuh Paling Cepat di Indonesia

- 28 Desember 2021, 09:53 WIB
Foto: Ilustrasi Gedung Perkantoran di Asia/ youtube Dr. Indrawan Nugroho Strategi Menghadapi Hilangnya Pasar Kelas Menengah
Foto: Ilustrasi Gedung Perkantoran di Asia/ youtube Dr. Indrawan Nugroho Strategi Menghadapi Hilangnya Pasar Kelas Menengah /

JURNAL SOREANG - Organisation for Economic Cooperation and Development atau OECD, mengeluarkan laporan yang berkesimpulan bahwa terjadi peningkatan ketidaksetaraan pendapatan.

Masyarakat kelas menengah di negara-negara yang tergabung dalam koalisi ini juga mengalami erosi alias menciut jumlahnya.

Berbeda dengan jumlah kelas menengah di Amerika dan Eropa yang terus menurun ternyata kelas menengah di Asia itu justru meningkat.

Brooking Institute memproyeksikan jumlah kelas menengah di Amerika turun dari 17 persen di tahun 2020 menjadi 13 persen di 2030.

Baca Juga: Penyebab Hilangnya Pasar Kelas Menengah di Indonesia dan Cara Mengatasi Menurut Pengusaha

Lalu di Eropa itu akan turun dari 20% di 2020 14 persen di 2030.Sementara itu jumlah kelas menengah di Asia justru diproyeksikan akan naik dari 50% di 2020 menjadi 60% di 2030.

Data dari Bank Dunia menunjukkan bahwa kelompok kelas menengah di Indonesia bertumbuh paling cepat dibandingkan kelompok lainnya yaitu 10 persen per tahun antara 2002 hingga 2016.

Bank Dunia mendefinisikan kelompok kelas menengah di Indonesia itu adalah mereka yang punya pengeluaran antara 7,5 hingga 38 Dollars per hari atau Rp100.000 hingga Rp530.000 per harinya.

Saat ini setidaknya ada 52 juta orang Indonesia atau satu dari setiap lima warga Indonesia masuk kedalam kelompok kelas menengah.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: YouTube Indrawan Nugroho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x