Harga Cabai Anjlok, Petani Menjerit, Ini Tanggapan Anggota DPR

- 9 September 2021, 06:08 WIB
Tim monitoring harga melakukan Sidak beberapa komoditas yang mengalami anomali antara lain Telur, Daging Ayam Ras dan Cabai di Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya, Selasa 7 September 2021. Para petani mengeluhkan harga cabai yang anjlok..
Tim monitoring harga melakukan Sidak beberapa komoditas yang mengalami anomali antara lain Telur, Daging Ayam Ras dan Cabai di Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya, Selasa 7 September 2021. Para petani mengeluhkan harga cabai yang anjlok.. /kabar-priangan.com/Asep MS/

JURNAL SOREANG- Anggota Komisi IV DPR RI, Johan Rosihan ikut prihatin dengan anjloknya harga cabai di pasaran.

Kondisi ini membuat banyak petani gelisah bahkan marah karena harga cabai yang merosot tajam sehingga harus segera disikapi pemerintah agar harga segera stabil.

"Saya minta pemerintah segera stabilkan harga cabai karena jika dilihat dari data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, maka telah terjadi kemerosotan harga cabai besar sebanyak 3,38% dan cabai rawit merah juga merosot 1,83% demikian juga untuk cabai merah kriting harga turun sebesar 2,77%," papar Johan dalam pernyataannya, Kamis, 9 September 2021.

Baca Juga: Lord Adi Mengungkapkan Suka Dukanya Jadi Petani Cabai, Pada Awalnya Merasakan Pahit

Johan mendesak pemerintah menyiapkan solusi konkret untuk stabilisasi harga cabai serta membuat kebijakan agar harga cabai bisa menguntungkan petani.

"Saya berharap ada desain strategi supaya pemerintah melakukan sebaran produksi cabai dan memperbaiki industri cabai nasional. Terjadinya disparitas harga cabai antar daerah disebabkan karena pusat produsi cabai terkonsentrasi di Pulau Jawa," katanya.

Dia juga  meminta segera perbaiki industri cabai agar dinamika produksi dan volatilitas harga cabai dapat terkendali.

Legislator Senayan dari Pulau Sumbawa, NTB,  ini menilai sampai saat ini belum ada solusi konkret dari pemerintah untuk menstabilkan harga cabai yang bisa menguntungkan petani.

Baca Juga: Lord Adi Mengaku Tidak Minder, Meski Berstatus Sebagai Petani Cabai di Galeri MCI 8

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah