Bukan Hanya Kedelai, tapi Cabai, Telur Ayam dan Daging Sapi Juga Naik, Sebagai Peringatan Dini

- 4 Januari 2021, 16:14 WIB
Sejumlah bahan pangan naik hatganya seperti cabai, daging sapi, dan kedelai
Sejumlah bahan pangan naik hatganya seperti cabai, daging sapi, dan kedelai /jakarta.go.id/

JURNAL SOREANG- Anggota DPR RI asal Sulawesi Selatan II, Andi Akmal Pasluddin menyatakan, gejolak harga pangan bukan hanya kedelai yang membuat pengrajin tempe dan tahu sempat mogok produksi, namun juga cabai, telur ayam, dan daging sapi.

Hal ini merupakan peringatan dini dan tantangan untuk pemerintah dalam menghadapi persoalan sepanjang tahun 2021.

"Kami sering mengingatkan kepada pemerintah agar selalu waspada pada setiap pergantian tahun, untuk mengevaluasi kinerja dalam pelayanan kepada rakyat," kata Andi dalam pernyataannya, Senin, 4 Januari 2021.

Baca Juga: Pengrajin Tahu Dan Tempe Mogok Produksi Akibat Harga Kedelai Melambung Tinggi

Dia menilai hingga saat ini persoalan energi, pangan, pendidikan dan kesehatan menjadi tantangan berat bagi negara ini untuk membuat negeri yang berdaulat.

"Daulat akan pangan dan energi semestinya mampu diciptakan tidak terlalu lama akibat dukungan sumber daya alam yang memadai. Untuk penguatan sektor kesehatan dan pendidikan juga akan menjadi sanagt vital berkaitan dengan daya saing negara kita di dunia internasional," tutur Akmal.

Anggota Komisi IV DPR ini sangat menyayangkan persoalan kenaikan kedelai saat ini sebenarnya kejadian berulang tiap tahun. Kenaikan harga kedelai hingga menjadi Rp 9.200 per kilogram telah memicu sejumlah protes hingga mogok produksi para perajin tahu tempe di Jabodetabek, sebagian Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Banten, hingga Aceh.

Baca Juga: Aksi Mogok Produksi Tahu Tempe Malah Rugikan Pengrajin di Kabupaten Bandung

"Protes mereka sangat wajar untuk mendapat perhatian pemerintah agar ada solusi berkaitan dengan persoalan harga ini," katanya.

Begitu juga dengan harga cabai dan daging sapi sejak medio Desember 2020 Anggota Komisi IV DPR ini memantau ada Kenaikan cabai terjadi secara berkelanjutan.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x