Desa Ini Awalnya Miskin Kini Pendapatan Meroket Rp1,2 Miliar Per Tahun

- 22 Agustus 2021, 15:59 WIB
Salah satu BUMDes yang sudah melakukan digitalisasi sehingga potensi desa terhubung ke dunia
Salah satu BUMDes yang sudah melakukan digitalisasi sehingga potensi desa terhubung ke dunia /AR Rachmawati/JURNAL SOREANG

JURNAL SOREANG- Giyatno, Direktur BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Sambimulyo di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman,  Yogyakarta, mengatakan, pengelolaan obyek wisata Tebing Breksi menjadi lebih mudah setelah menggunakan eLok (Elektronik Loket) yang disokong program Smart Village Nusantara (SVN) PT Telkom. 

"Sebelumnya kami hitung semua pemasukan manual, tapi itu merepotkan. Setelah gunakan eLok, berapa pemasukan tiket harian keliatan langsung, berapa dari parkir bisa dicek di dashboard, sehingga transparansi langsung tercipta," katanya, Sabtu, 21 Agustus 2021. 

Hal ini sangat penting sebab, pendapatan asli desa (PAD) dari obyek wisata di desanya sudah cukup signifikan.

PAD tahun 2019 mencapai Rp1,2 miliar per tahun, padahal desa ini sebelumnya masuk desa miskin mengacu data BPS tahun 2010 dengan pendapatan Rp10 juta/tahun.  

Baca Juga: Dukung 99 Hari Kerja Bupati Bandung, Desa-Desa di Kertasari Kabupaten Bandung Gelar MOU Bumdes Bedas Digital

Selain itu, seiring meluasnya desa wisata di Indonesia, destinasi di desanya berkembang ke empat unit penginapan lengkap ruang pertemuan di Balkondes Sambirejo.

Dalam waktu dekat, akan dikembangkan Watu Payung yang menjadi spot menarik melihat sunrise dan sunset. 

Giyatno mengatakan, destinasi ini akan bertambah dengan wisata budaya yang sudah eksis sejak lama di wilayah tersebut sekalipun tidak di bawah pengelolaannya. Seperti Candi Ijo, Candi Barong, Candi Nigiri, Candi Dawung, Sumur Bandung, dan peninggalan sejarah lainnya.

Baca Juga: Ditunjuk Sebagai Pilot Project Bumdes Desa Digital, Kades Tarumajaya Kertasari: Hatur Nuhun Bupati Bandung

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x