Jokowi Jamin Tidak Ada Impor Beras Sampai Juni, Beras Diserap Melalui Bulog

- 26 Maret 2021, 22:16 WIB
Presiden Joko Widodo tegaskan tak ada impor beras sampai Juni mendatang
Presiden Joko Widodo tegaskan tak ada impor beras sampai Juni mendatang /Twitter @jokowi

 JURNAL SOREANG – Wacana tentang impor beras sempat terdenga akhir-akhir ini. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memberikan kepastian, bahwa beras hasil panen petani akan diserap oleh pemerintah melalui Perum Badan Urusan Logistik (Bulog).

Hal tersebut ia sampaikan dalam keterangan pers, Jumat 26 Maret 2021 di Istana Merdeka, Jakarta, yang ditayangkan di Kanal YouTube Sekretariat Kabinet.

“Saya pastikan beras petani akan diserap oleh Bulog dan saya akan segera memerintahkan Menteri Keuangan agar membantu terkait anggarannya,” ucap Jokowi, sebagaimana dilansir JurnalSoreang.pikiran-rakyat.com dari kanal Youtube Setkab RI.

Terkait polemik seputar impor beras yang beredar di masyarakat, presiden memastikan bahwa tidak akan ada beras impor yang masuk ke Indonesia sampai pertengahan tahun ini. Jokowi menambahkan, Indonesia bahkan sudah tidak mengimpor beras hampir di tiga tahun terakhir ini.

“Saya pastikan bahwa sampai bulan Juni 2021, tidak ada beras impor yang masuk ke negara kita, Indonesia,” tuturnya.

Baca Juga: Menolak Keras Rencana Impor Beras dan Garam, Susi Pudjiastuti: Dearest Ibu Mega, Please Stop Ekspor Berlebihan

Baca Juga: Anggota DPR: Stok Beras Aman dan Panen Raya Kok Pemerintah Akan Impor 1 Juta Ton Beras

Adanya Nota Kesepahaman atau MoU dengan Thailand dan Vietnam, lanjut Jokowi, adalah sebagai langkah antisipasi mengingat situasi yang penuh dengan ketidakpastian saat ini.

“Dan saya tegaskan, memang ada MoU dengan Thailand dan Vietnam, itu hanya untuk berjaga-jaga, mengingat situasi pandemi yang penuh dengan ketidakpastian. Saya tegaskan sekali lagi, berasnya belum masuk,” ucap Jokowi.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x