Sebanyak 33 Ton Manggis Diekspor Dari Padang ke Guangzhou, China Menggunakan Garuda

- 5 Februari 2021, 10:09 WIB
Buah manggis
Buah manggis /Pexels/ Quang Nguyen Vinh


JURNAL SOREANG – Kerjasama bilateral antara Indonesia dengan China memang sudah berlangsung sangat lama.

Hal itu menjadi sesuatu yang lumrah seandainya terjalin suatu ikatan dagang antara Indonesia dan China.

Belum lama ini, maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia mengangkut produk ekspor pertanian dari Padang, berupa komoditas buah manggis sebanyak 33 ton yang dikirim ke Guangzhou, China.

Baca Juga: Semua Alun-Alun di Kabupaten Bandung Ditutup Selama Dua Hari, 6-7 Februari 2021, Ini Penjelasan Polisi

Pengangkutan produk ekspor tersebut dilayani dengan penerbangan charter khusus rute Padang – Guangzhou pada, Rabu 3 Februari 2021 melalui penerbangan GA 8960 yang dioperasikan oleh armada A330-300 dengan kapasitas angkut mencapai 40 ton pada setiap penerbangannya.

Penerbangan charter kargo tersebut, diberangkatkan dari Bandara Internasional Minangkabau, pada pukul 09.05 WIB dan tiba pada pukul 14.45 waktu setempat di Guangzhou, China.

Dilansir dari ANTARA, direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangannya di Jakarta, Jumat mengatakan pengangkutan ekspor komoditas manggis dari Padang menuju Guangzhou tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen Garuda Indonesia dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi khususnya melalui penyediaan aksesibilitas layanan penerbangan dalam memfasilitasi peningkatan daya saing produk ekspor nasional khususnya hasil pertanian masyarakat lokal.

Baca Juga: Bocoran Buku Harian Seorang Istri, 5 Februari 2021: Skenario Licik Alya dan Kesabaran Nana

“Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan tingkat biodiversitas tertinggi di dunia yang memiliki hasil kekayaan bumi yang melimpah. Hal tersebut tentunya menjadi potensi tersediri untuk meningkatkan perekonomian lokal masyarakat Indonesia khususnya pelaku sektor pertanian nasional. Dengan berbagai potensi tersebut, tentunya kami harapkan komitmen dukungan yang kami hadirkan dalam peningkatan daya saing produk ekspor nasional dapat mendukung visi Indonesia sebagai negara eksportir produk agragris unggulan di kancah global,” kata Irfan.

Dia menambahkan melalui penerbangan tersebut diharapkan dapat menyediakan layanan penerbangan langsung dengan waktu pengiriman yang lebih singkat tanpa transit, sehingga kualitas dan kesegaran produk menjadi lebih terjaga serta dengan biaya logistik yang lebih kompetitif.

Halaman:

Editor: Handri

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah