Kompetisi Olahraga Siswa Nasional 2021 Resmi Dibuka, Lomba Daring Sebab Masih Pandemi

- 24 September 2021, 10:00 WIB
Untuk mendorong siswa untuk terus berprestasi dalam olahraga dan mewujudkan nilai-nila Pelajar Pancasila, Kemendikbudristek kembali menyelenggarakan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN),
Untuk mendorong siswa untuk terus berprestasi dalam olahraga dan mewujudkan nilai-nila Pelajar Pancasila, Kemendikbudristek kembali menyelenggarakan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN), /Kemendikbud ristek/

JURNAL SOREANG-  Untuk mendorong siswa untuk terus berprestasi dalam olahraga dan mewujudkan nilai-nila Pelajar Pancasila, Kemendikbudristek kembali menyelenggarakan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN), dengan tema “Melejitkan Talenta Prestasi Olahraga Peserta Didik untuk Indonesia Pulih”. Kompetisi tersebut dilaksanakan secara daring, mulai 20 s.d. 26 September 2021.

Direktur Jenderal Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUDDikdasmen), Jumeri, mengatakan, Presiden  Joko Widodo telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 86 tahun 2021, tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Dengan terbitnya Perpres tersebut, pemerintah mendorong meningkatnya budaya olahraga di masyarakat, meningkatnya kapasitas, sinergitas, dan produktivitas olahraga prestasi nasional, serta memajukan perekonomian nasional berbasis olahraga.

Baca Juga: SKN Sejalan dengan Sisdiknas, Komisi X DPR RI Minta Pemerintah Perbanyak Beasiswa Prestasi Olahraga

“KOSN 2021 telah melahirkan terobosan di dunia kompetisi olahraga virtual dan mewujudkan DBON. Kompetisi olahraga sejalan dengan arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional jangka panjang secara terintegrasi dan kolaboratif, untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam bidang olahraga,” tutur Dirjen Jumeri, baru-baru ini.

Dirjen Jumeri mengapresiasi Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yang telah melaksanakan KOSN 2021. Ia juga menyampaikan pesan kepada para peserta untuk menjunjung tinggi kejujuran, sportifitas, dan integritas.

“Sebab tidak ada yang lebih utama dari karakter yang baik. Lakukan semua dengan ikhlas, dan jangan melakukan sesuatu dengan niat mencari perhatian atau pujian, lakukan dengan niat baik dan ketulusan. Tetap tingkatkan imun, pola makan seimbang, dan patuhi protokol kesehatan, istirahat yang cukup. Mari bersama bangkit dari pandemi,” pesan Jumeri.

Baca Juga: Hebring, Siswa Indonesia Torehkan Prestasi di International Earth Science Olympiad (IESO) 2021

Dalam laporannya, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi, menerangkan bahwa KOSN tingkat nasional dilaksanakan secara daring dengan jumlah peserta pada jenjang SD terdapat cabang olahraga Pencak Silat dan Karate.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Kemendikbudristek


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X