Wow, Nilai Transaksi di Karya Kreatif Indonesia Naik 54 Persen Meski Digelar Virtual

- 22 November 2020, 08:49 WIB
ANGGOTA DPR dan Ketua Dekranasda Sumatera Barat, Nevi Zuairina (tengah) saat hadir di pameran Karya Kreatif Indonesia
ANGGOTA DPR dan Ketua Dekranasda Sumatera Barat, Nevi Zuairina (tengah) saat hadir di pameran Karya Kreatif Indonesia /FPKS DPR/

JURNAL SOREANG- Pergelaran Karya Kreatif Indonesia 2020 (KKI) yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia pada Jumat, 20 November 2020, menuai keberhasilan meski digelar virtual. Nilai kesepakatan bisnis naik 54 persen khususnya dari para pembeli luar negeri.

"Terobosan besar KKI pada masa pandemi ini sangat berhasil karena meski KKI 2020 Seri I diselenggarakan secara virtual, amun dapat berjalan dengan baik dan mampu menghasilkan tujuan-tujuan yang bermanfaat bagi seluruh pihak sesuai dengan yang di rencanakan," kata anggota DPR asal Sumatera Barat, Nevi Zuairina, dalam pernyataannya, Minggu, 22 November 2020.

Dengan mengusung tema UMKM eksport, UMKM digital pada tahun ini, dan UMKM sahabat milenial, menurut anevi, KKI telah berjalan sukses.

Baca Juga: Polisi Hentikan Resepsi Pernikahan Anak Pejabat Dengan Ribuan Tamu Undangan di Sumatera Barat

"Sangat luar biasa ya, meski pameran dilakukan dengan sistem one-on-one meeting, namun telah berhasil mempertemukan 31 UMKM dengan 16 pembeli potensial dari Singapura, Italia, Korea Selatan, Jepang, China, dan Australia serta agregator dari Indonesia.

Bahkan terjadi kenaikan nilai kesepakatan bisnis (penjualan ekspor, pembiayaan, penjualan melalui e-commerce) sebesar 54 persen dibandingkan periode sebelumnya," ujarnya.

KKI merupakan rangkaian acara tahunan yang menampilkan produk-produk UMKM binaan Bank Indonesia, yang bersinergi dengan Kementerian/Lembaga dalam pengembangan UMKM.

Baca Juga: Al Ma'soem Berikan Obat Atasi Kejenuhan Siswa

"Produk UMKM yang dijual kali ini antara lain produk dari kain, kerajinan, makanan dan minuman," katanya.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x