Kisah Saat Jadi Pengusaha, Begini 2 Kiat Sukses Berwirausaha dari Presiden Jokowi di Depan Nasabah PNM Mekaar

- 1 Februari 2024, 06:40 WIB
Presiden saat bersilaturahmi dengan nasabah PNM Mekaar di Grha Bung Karno, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah pada Rabu, 31 Januari 2024.
Presiden saat bersilaturahmi dengan nasabah PNM Mekaar di Grha Bung Karno, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah pada Rabu, 31 Januari 2024. /Biro pers setpres /

JURNAL SOREANG - Presiden Joko Widodo optimistis setidaknya separuh dari 15,2 juta nasabah program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) dapat menaikkan kelas usahanya.

Hal tersebut disampaikan Presiden saat bersilaturahmi dengan nasabah PNM Mekaar di Grha Bung Karno, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah pada Rabu, 31 Januari 2024.

"Saya optimistis nasabah PNM Mekaar yang sekarang sudah 15,2 juta ini paling tidak separuh bisa naik kelas dari pengusaha mikro menjadi pengusaha kecil, dari pengusaha kecil menjadi pengusaha menengah, yang menengah menjadi pengusaha besar. Itu sudah sangat membantu perekonomian keluarga kita, juga bisa membantu perekonomian nasional kita," ujar Presiden.

 

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyebutkan dua karakter yang harus dimiliki pengusaha agar dapat meningkatkan usahanya, yakni disiplin dan kerja keras.

Disiplin antara lain dalam hal mengangsur cicilan pinjaman Mekaar.

"Dulu dimulai dari Rp2 juta, kemarin saya di Jogja ada yang sudah Rp10 juta, ada yang sudah Rp15 juta pinjamannya. Nanti kalau ibu-ibu semuanya disiplin mengangsur, semangat kerja keras dalam berusaha akan meningkat lagi," ungkapnya.

Baca Juga: PNM Dorong Pemberdayaan Ekonomi Perempuan, Erick Thohir: Programnya Pro Rakyat Perlu Terus Didorong

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x