LKP Sugeng Sejahtera Cikole Lembang, Bandung Barat, Lahirkan Ribuan Barista Kelas Dunia

- 29 Oktober 2023, 20:29 WIB
Lokasi LKP Sugeng Sejahtera  Cikole Lembang Lahirkan Ribuan Barista Kelas Dunia
Lokasi LKP Sugeng Sejahtera Cikole Lembang Lahirkan Ribuan Barista Kelas Dunia /Asep GP/JURNAL SOREANG

JURNAL SOREANG - Bagi penikmat kopi, maka Kopi Luwak adalah sangat istimewa, rasanya nikmat dan harganya pun selangit, sekilonya bisa mencapai Rp3,5 juta  hingga Rp4 juta.

Kopi unik hasil permentasi  alami dari perut luwak/musang/careuh/ ini pasarnya sudah merambah ke seantero dunia, banyak disuka orang Arab, Asia dan Eropa, menjanjikan kesejahteraan para pengusaha di bidangnya.

Salah satu Produsen kopi luwak terbesar di Indonesia, adalah “Kopi Luwak” yang ada di kawasan Cikole Lembang, tepatnya di Jalan Nyalindung No.9 Kampung Babakan Desa Cikole Kec. Lembang – Kabubaten Bandung Barat -  Jawa Barat.

 

Di sana  kita bisa menyaksikan seluruh proses bagaimana kopi luwak dihasilkan, dari mulai hewan luak /careuh /musang yang memakan buah kopi yang merah (matang)i lalu diproses dalam perutnya  dan dikeluarkan.

Proses selanjutnya dibersihkan, dikupas , dikeringkan,  digiling,  dihaluskan sampai  diseduh disajikan.

Pelanggan atau pasar  Kopi Luwak ini  pun tidak main-main, mayoritas dari luar negeri,(rasionya 70% luar negeri -30% dalam negeri). Luar negeri sudah ada 80 negara,

“Ini dari kami buka tahun 2012 sampai sekarang alhamdulilah masih eksis. Dari jumlah luwak 200 ekor  produksi kopinya hampir 400 kg / bulan, dan kopi  luwak ini saya jual cukup mahal  harganya 3,5 juta/kg hingga  4 juta perkilonya, “ kata Sugeng  Pujiono, owner Kopi Luwak Cikole Lembang ketika ditemui wartawan di  Critoe Coffee , Coffee shop  miliknya di Jalan Gandupura 33 Bandung yang dipenuhi anak-anak muda  kaum milenial dan Gen- Z.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x