Tahun 2023 Akan Terjadi Resesi Ekonomi Dunia? Ini Seruan Presiden Jokowi Dalam Hadapi Perekonomian Global

- 30 November 2022, 20:14 WIB
Presiden memberikan keterangan pers pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2022 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Jakarta, pada Rabu, 30 November 2022.
Presiden memberikan keterangan pers pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2022 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Jakarta, pada Rabu, 30 November 2022. /Kris, Biro Pers Setpres/

JURNAL SOREANG- Presiden Joko Widodo mendorong seluruh jajarannya untuk optimistis menghadapi kondisi perekonomian global tahun depan yang masih penuh dengan ketidakpastian.

Selain itu, Presiden juga mewanti-wanti jajarannya untuk tetap waspada dan berhati-hati dalam menyusun kebijakan nantinya.

“Fiskal, moneter harus selalu berbicara, harus selalu berdampingan sehingga semua _policy_ yang ada itu betul-betul bermanfaat bagi rakyat dan negara,” ucap Presiden saat memberikan sambutan pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2022 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Jakarta, pada Rabu, 30 November 2022.

Baca Juga: Tahun 2023 Akan Terjadi Resesi Dunia? Jangan Khawatir, Ini Tips Hadapi Tahun Depan Tanpa Khawatir Keuangan

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menjabarkan sejumlah aspek perekonomian yang perlu diperhatikan pada tahun 2023 seperti nilai ekspor Indonesia yang melompat tinggi dalam dua tahun terakhir.

Presiden mengingatkan agar nilai ekspor Indonesia tahun 2023 dapat tetap terjaga bahkan meningkat.

“Hati-hati tahun depan bisa menurun karena problem di Tiongkok yang belum selesai hingga ekonomi mereka juga turun karena _policy_ nol Covid. Kemudian di Uni Eropa juga sama, pelemahan ekonomi pasti, resesinya kapan tinggal ditunggu saja,” lanjutnya.

Baca Juga: Resesi adalah Situasi yang Dihindari Setiap Negara, Namun Apa Jadinya Jika Bank Dunia Naikan Suku Bunga?

Selanjutnya, Kepala Negara menuturkan bahwa saat ini Indonesia mulai mendapatkan kepercayaan dari investor dunia internasional. Kepercayaan tersebut, kata Presiden, perlu didukung pembaruan kebijakan yang diikuti dengan implementasi yang baik di lapangan.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x