Ternyata Mie Ayam Juga Bisa Mendunia, Ini Caranya

- 28 Juli 2022, 09:04 WIB
Prodi Hubungan Internasional FISIP Unpas melatih UKM untuk memanfaatkan media sosial (medsos) dan  Personal Branding dalam Pengembangan Usaha Mie Ayam Cipaganti Tirtayasa Berbasis 4.0 di Kota Bandung.
Prodi Hubungan Internasional FISIP Unpas melatih UKM untuk memanfaatkan media sosial (medsos) dan Personal Branding dalam Pengembangan Usaha Mie Ayam Cipaganti Tirtayasa Berbasis 4.0 di Kota Bandung. /Istimewa /

JURNAL SOREANG- Kuliner mie ayam yang khas Indonesia ternyata bisa mendunia. Hal ini yang dilakukan Prodi Hubungan Internasional FISIP Unpas dengan memanfaatkan media sosial (medsos) dan  Personal Branding dalam Pengembangan Usaha Mie Ayam Cipaganti Tirtayasa Berbasis 4.0 di Kota Bandung.

Tim yang diketuai Imam Budiman dengan anggota Bulbul Abdurrachman, Vina Novianti, dan Laura Damayanti melalui pengabdian kepada Masyarakat (PKM).

"PKM merupakan salah satu kewajiban dosen dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan UKM kali ini tim melakukan di Jl. Tirtayasa, No. 33 Bandung dengan  tim melihat potensi wisata kuliner UMKM Mie Ayam CIpaganti yang  belum terkelola dan terpublikasikan dengan baik dan terstruktur," kata Imam Budiman.

Baca Juga: Industri Kecil Punya Kelemahan pada Kemasan Produknya, Administrasi Bisnis FISIP Unpas Berikan Bantuan

 Mie Ayam Cipaganti cabang Tirtayasa ini dinilai sangat berpotensi dikembangkan mengingat posisi atau tempat berjualan Mie Ayam ini strategis.

"Lokasinya berada di wilayah yang ramai dengan kuliner (resto) dan distro. Akan tetapi, masih terdapat beberapa kendala dalam pengembangan dan manajemen (tata kelola) usaha, utamanya dalam hal pemasaran melalui dalam jaringan (online) dan tata kelola atau yang disebut dengan personal branding," katanya.

Berdasarkan beberapa masalah yang ditemukan oleh tim peneliti, maka tim PKM ini berupaya untuk memberikan sebuah solusi berupa sosialisasi dan pelatihan terkait manajemen pemasaran marketing media sosial dan personal branding.

"Hasil dari PKM diharapkan dapat memberikan sebuah solusi kepada Mie Ayam dapat melakukan pemasaran marketing media sosial dan personal branding," katanya.

Baca Juga: Kampus Punya Peran Besar Kembangkan UMKM, Ini yang Dilakukan Prodi Administrasi Bisnis Fisip Unpas

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x