Penanganan Penyakit Mulut dan Kaki, Jangan Rugikan Peternak dengan Tutup Lalu Lintas Ternak Jelang Idul Adha

- 15 Mei 2022, 21:36 WIB
Penanganan Penyakit Mulut dan Kaki, Jangan Rugikan Peternak dengan Tutup Lalu Lintas Ternak Jelang Idul Adha
Penanganan Penyakit Mulut dan Kaki, Jangan Rugikan Peternak dengan Tutup Lalu Lintas Ternak Jelang Idul Adha /maghfur/antara

JURNAL SOREANG - Wakil rakyat asal NTB, Johan Rosihan mengingatkan pemerintah soal penanganan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak terutama sapi da kerbau yang teridentifikasi di daerah Jawa Timur dan Aceh.

“Secara holistik penanganan wabah PMK ini harus tepat, pemerintah jangan gegabah dengan menutup semua jalur lalu lintas ternak apalagi ini menjelang Hari raya Idul Adha," kata Johan, Sabtu 14 Mei 2022.

Distribusi hewan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing akan meningkat drastis untuk kebutuhan qurban bagi umat Muslim di tanah air.

Baca Juga: Update Penyakit PMK, 536 Sapi di 3 Kabupaten Babel Terserang Penyakit Mulut dan Kuku

"Kami mengingatkan pemerintah bahwa masih banyak daerah sentra produksi ternak terutama sapi dan kerbau dalam kondisi sehat yang perlu didistribusikan terutama ke Pulau Jawa," katanya.

Johan menambahkan agar pemerintah jangan membuat kebijakan yang bisa merugikan peternak termasuk dengan menutup jalur lalu lintas ternak terutama menuju Pulau Jawa yang merupakan pusat pasar dari penjualan hewan ternak untuk kebutuhan qurban.

“Penutupan lalu lintas ternak akan memukul usaha peternakan dan pasti merugikan peternak maka hal ini harus diantisipasi dengan upaya lain yang lebih tepat untuk menangani wabah PMK sehingga tidak meluas dan peternak tetap terlindungi” ucap Johan.

Baca Juga: Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Hewan Ternak Harus Segera Ditangani Cepat Demi Keamanan Pangan Nasional

Politisi PKS ini berharap pemerintah tidak hanya berfikir soal penanganan wabah PMK yang saat ini hanya bersifat lokal di daerah tertentu, tapi juga harus mulai menyiapkan strategi agar wabah ini tidak berdampak pada daerah lain yang masih sehat.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah